5 Rekomendasi Buku Anak-anak Terjemahan yang Menghibur dan Memberikan Edukasi

Imelda Rahma22 Apr 2020, 14:27 WIB
Rekomendasi Buku

Membaca buku tentunya merupakan kegiatan positif yang dapat mengasah kemampuan berpikir, terutama sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Kebiasaan membaca buku harus dimulai pada saat mereka masih anak-anak. Selain bermain, membaca buku juga penting agar anak sedari kecil sudah memiliki kebiasaan yang dapat membuatnya cerdas.

Ada banyak jenis buku yang bisa dibaca oleh anak-anak, mulai dari buku kumpulan cerpen, komik bergambar yang menarik, atau novel ringan petualangan fantasi. Tentunya buku-buku tersebut selain bisa menghibur juga bisa memberikan edukasi.

Baik buku bacaan anak lokal maupun terjemahan, keduanya sama-sama baik untuk dijadikan bahan bacaan. Kelebihan jika membaca buku terjemahan sendiri ialah mendapatkan perspektif yang berbeda, yang bisa diilustrasikan dalam bentuk gambar maupun alur ceritanya.

Tentunya anak-anak juga akan lebih kreatif ketika membaca buku terjemahan. Buat para orangtua yang sedang kebingungan mencari buku yang tepat untuk bahan bacaan anak dirumah, sepertinya artikel ini akan jadi rujukan yang tepat.

Fimela.com kali ini akan membagikan 5 rekomendasi buku anak-anak terjemahan yang menghibur dan memberikan edukasi. Simak semua rekomendasinya berikut ini.

Ferals: Pengendali Gagak

Ferals: Pengendali Gagak
Ilustrasi Buku Ferals Credit: gramedia.com

Rekomendasi buku anak-anak terjemahan yang pertama ialah sebuah buku yang berjudul 'Ferals: Pengendali Gagak'. Buku ini ditulis oleh Jacob Grey dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku ini merupakan seri pertama dari triloginya.

Buku ini tentu bisa jadi bahan bacaan yang seru untuk anak-anak karena isi dari buku ini merupakan petualangan fantasi yang pastinya bisa mengasah imajinasi anak-anak. Buku ini bercerita tentang Caw, seorang anak jalanan yang tidak memiliki siapa pun selain sekumpulan burung gagak yang amat ia pahami. Karena keahliannya dalam bebricara dengan gagak maka, ia mendapat julukan feral.

Konflik cerita pada buku ini ialah ketika Caw mengetahui bahwa tidak semua feral memiliki sifat baik, sehingga ia harus membasmi para feral yang berkelakuan buruk dan suka membuat kekacauan. Pastinya cerita ini sangat menginspirasi anak-anak utnuk bercita-cita menjadi seorang yang suka berbuat kebaikan dan berani melawan kejahatan.

Petualangan Pohon Kelana Ajaib

Petualangan Pohon Kelana Ajaib
Ilustrasi Buku Petualangan Pohon Kelana Ajaib Credit: gramedia.com

Kedua, rekomendasi buku anak-anak terjemahan selanjutnya ialah buku dengan judul ‘Petualangan Pohon Kelana Ajaib’. Buku yang diterbitkan oleh Gramedia ini ditulis oleh Enid Blyton. Buku ini merupakan bagian dari seri buku yang sudah ada sebelumnya yakni: Negeri Ulang Tahun, Negeri Bertindak-Manasuka, dan Negeri Obat Manjur.

Buku ini sangat bagus menjadi bahan bacaan anak-anak karena memiliki banyak alur cerita yang tidak membosankan serta diisi oleh banyak tokoh unik dan lucu. Tentu petualangan fantasi di pohon kelana ajaib akan membuat hari anak-anak jadi lebih ceria.

Serial ini bercerita tentang petualangan ke negeri camilan, yakni negeri yang merupakan tempat terlezat dengan banyak pohon es krim, semak permen loli, dan pagar dari marshmallow. Ceritanya yang lucu serta latarnya yang bervariasi dijamin bikin anak-anak tidak akan pernah merasa bosan membacanya.

Bliss

Bliss
Ilustrasi Buku Bliss Credit: gramedia.com

Ketiga, rekomendasi buku anak-anak terjemahan yang menghibur sekaligus memberikan edukasi ialah Bliss. Buku hasil karya dari penulis Kathryn Littlewood ini telah diterjemahkan dan diterbitkan oleh Noura Publishing. Bliss sendiri merupakan bagian dari seri The Bliss Bakery. Adapun dua buku seri lainnya yang sudah terbitkan yakni Bite-Sized Magic dan Magic in the Mix.

Buku ini bercerita tentang Keluarga Bliss si pemilik toko roti yang memiliki bahan dan resep untuk membuat roti-roti ajaib yang memiliki sihir. Secara rahasia, hal itu terjadi karena sebenarnya orangtua dari Rosemary, anak keluarga Bliss ternyata adalah penyihir. Secara sembunyi-sembunyi, Rosemary coba mencari tahu bahan dan resep apa saja untuk membuat roti ajaib sehingga ia bisa menolong warga kota.

Alur cerita dari buku ini sangat menarik sekaligus menegangkan karena beradu dengan kekuatan sihir. Pastinya anak-anak akan berimajinasi ketika membaca buku ini tentang sihir dan roti ajaib. Sebuah buku yang sangat cocok untuk mengembangkan imajinasi dan kreatifitas anak.

Cogheart

Cogheart
Ilustrasi Buku Cogheart Credit: gramedia.com

Keempat, buku dengan judul ‘Cogheart’ karya dari Peter Bunzl juga bisa masuk kedalam list rekomendasi buku anak-anak terjemahan yang menghibur dan mengedukasi. Buku yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer ini merupakan buku pertama dari seri The Cogheart Adventure. Sedangkan buku keduanya, ‘Moonlocket’, juga sudah diterbitkan dalam bahasa Indonesia.

Buku ini bercerita tentang petualangan seorang gadis yang terpaksa harus melarikan diri karena tidak bisa tinggal bersama walinya yang jahat. Ia merupakan yatim piatu, tetapi ia meyakini bahwa ayahnya masih hidup karena ia menerima sepucuk surat dari hewan rubah mekanikalnya.

Buku ini cocok menjadi bahan bacaa anak-anak karena memiliki pesan moral yang baik seperti, tidak mudah putus asa dalam menggapai sesuatu dan perjuangan. Tentunya anak-anak tidak hanya akan menikmati keseruan ceritanya saja tetapi juga bisa belajar dari kisah tersebut.

 

The Wizards of Once

The Wizards of Once
Ilustrasi Buku The Wizards of Once Credit: gramedia.com

Terakhir, rekomendasi buku anak-anak terjemahan yang menghibur dan memberikan edukasi ialah buku dengan judul ‘The Wizards of Once’ karya Cressida Cowell. Cresida Cowell sendiri merupakan penulis dari buku yang telah sukses difilmkan yakni, ‘How To Train Your Dragon’. Buku ini kemudian diterjemahkan dan diterbitkan oleh Mahaka Media.

Buku ini bercerita tentang kaum warrior yang berusaha untuk memusnahkan semua sihir termasuk para kaum sihir karena dinilai sangat berbahaya. Konflik mulai terjadi ketika seorang anak raja kaum sihir bertemu dengan seorang anak ratu kaum warrior. Mereka yang semestinya berasal dari dua kaum yang saling bermusuhan malah bekerja sama menghadapi lawan yang lebih berbahaya.

Sama seperti buku sebelumnya, buku ini memiliki pesan moral yang bisa dipetik oleh anak-anak yakni, anjuran untuk tidak saling bermusuhan dan nilai kerjasama. Petualangan dibuku ini sangat menegangkan sehingga anak dijamin akan betah membaca buku ini berlama-lama.

Lanjutkan Membaca ↓