Sukses

Lifestyle

3 Cara Maksimalkan Ibadah Puasa Ramadan Saat di Rumah Saja

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan 2020 pasti dirasakan berbeda oleh semua umat Islam di dunia yang sedang pandemi Corona Covid-19. Imbauan pemerintah untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah akan sangat terasa dampaknya di mana biasanya Ramadan adalah momen untuk terhubung dan berkumpul dalam silaturahmi.

Namun kini momen buka puasa Ramadan bersama, Tarawih di masjid, sampai mengikuti kajian sulit untuk dilakukan lagi akibat pembatasan sosial berskala besar atau PSBB serta anjuran social distancing. Namun bukan berarti kita tidak bisa memaksimalkan ibadah puasa Ramadan saat di rumah saja.

Sebab seperti yang kita tahu, selain menjalani kewajiban puasa, Ramadan adalah saatnya memperbanyak ibadah dan kebaikan lainnya. Beruntung di era teknologi seperti sekarang banyak cara untuk memaksimalkan ibadah seperti yang disediakan platform media sosial umat Islam umma.

"Bulan Suci Ramadan tentunya sudah dinantikan umat Islam untuk berlomba-lomba mengerjakan kebaikan dan beribadah. Sesuai misi kami, umma sebagai media sosial umat Islam terbesar di Indonesia siap membantu untuk terus bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi untuk beribadah selama di rumah,” terang Co-Founder dan CEO umma Indra Wiralaksmana dalam keterangan pers yang diterima fimela.com.

 

 

3 Fitur Spesial Puasa Ramadan

Selain fitur penunjang ibadah utama seperti jadwal salat, penunjuk arah kiblat berbasis GPS dan Alquran, umma menyiapkan beberapa fitur spesial untuk memaksimalkan ibadah di rumah selama bulan Ramadan, di antaranya Fitur Jurnal Ibadah Harian untuk pengingat kegiatan ibadah sehari-hari.

Bersamaan dengan fitur pengingat ibadah harian tersebut, umma juga meluncurkan fitur penanda pencapaian ibadah (lencana) berdasarkan aktivitas kita di dalam aplikasi. Untuk mendapatkan masing-masing lencana, pengguna harus menyelesaikan misi ibadah seperti membaca Alquran selama 30 menit dalam 5 hari berturut-turut.

Kedua adalah Fitur Klinik Baca Alquran Untuk lebih menyemarakkan Ramadan di rumah seperti program One Day One Juz setiap waktu berbuka puasa di aplikasi. Melalui Klinik Tahsin Baca Qur’an di dalam aplikasi umma, pengguna dapat mengecek kaidah pembacaan Al-Qur’an secara tartil, tajwid dan sesuai makhorijul huruf (ejaan huruf) untuk bacaan ayat-ayat tertentu. 

Cukup kirim rekaman pembacaan Alquran melalui fitur unggah video di umma, ustaz yang ada di umma akan memberikan evaluasi yang dapat dijadikan bahan belajar membaca Alquran oleh semua pengguna umma. 

Ketiga adalah Fitur Live Streaming Kajian di umma untuk mengurangi rasa rindu hadir di majelis ilmu atau pesantren kilat yang biasanya dilakukan setiap Ramadan. Fitur siaran langsung kajian ini memfasilitasi pengguna umma untuk dapat berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustaz langsung dari aplikasi umma. Materi akan disampaikan oleh ustaz berpengalaman melalui fitur Live Streaming di umma pada waktu sahur dan menjelang buka puasa.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading