3 Menu Buka Puasa dan Sahur untuk Kamu yang Menjalani Diet Vegan

Karla Farhana24 Apr 2020, 15:00 WIB
[Fimela] Sahur dan Iftar

Fimela.com, Jakarta Jangan kira berdiet vegan menjadi halangan untuk menjalankan ibadah puasa. Apa pun diet yang sedang kamu jalani, kamu tetap bisa menjalani ibadah puasa Ramadan.

\Namun, dilansir dari Egypt Today, mengonsumsi makana vegan biasanya akan bikin kamu lebih cepat lapar. Karena, sayur-sayuran yang kamu konsumsi lebih cepat dicerna sistem pencernaan. 

Namun, ada beberapa menu yang bisa membuatmu kenyang lebih lama meski mengonsumsi makanan untuk diet vegan. Selain itu, menu ini bukan cuma diperuntukkan kamu yang berdiet vegan, tetapi juga bagi siapa pun yang memiliki masalah pencernaan dan kesehatan lainnya. 

Sup Lentil

[Fimela] ilustrasi sup lentil
ilustrasi sup lentil | pexels.com/@naimbic

Makanan khas India dan Persia ini, tulis Egypt Today, memiliki cita rasa yang khas dan tidak membuatmu bosan. Biasanya, banyak orang yang baru memulai vegan hanya mengonsumsi sayuran mentah atau kukus tanpa memperkayanya dengan berbagai bumbu. 

Namun, dengan sup red Indian Dal lentil ini kamu kan merasakan cita rasa yang lebih kaya, tanpa harus mengonsumsi daging atau sumber protein hewani lainnya. Sup ini juga mengandung banyak nutrisi dan protein yang baik untuk tubuh. Kelebihan lainnya, sup lentils ini juga sangat mudah dibuat dan hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk memasaknya. 

Jus Bayam dan Apel

Jika kamu ingin berbuka puasa tanpa gorengan tetapi bisa mengganjal perut hingga waktu makan malam tiba, kamu bisa membuat jus buah. Namun, untuk menambah serat dan nutrisi, kamu juga bisa menambahkan sayuran di dalamnya. Seperti sayur bayam. 

Sup Krim Jamur

[Fimela] sup krim
sup krim | pexels.com/@kaboompics

Jika tidak menyukai sup lentils yang memiliki cita rasa khas makanan India, kamu bisa memilih sup lainnya, seperti sup krim jamur. Jamur merupakan pengganti yang sangat baik untuk daging, khususnya dari segi nutrisi dan rasa serta tekstur sup. 

Sebagai pengganti susu, kamu bisa menggunakan santan, dan menjadikannya lebih ideal sebagai menu untuk sahur atau berbuka puasa di bulan Ramadan ini. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓