Sukses

Lifestyle

Gula Pasir Habis, Ini 10 Bahan Pengganti Gula agar Makanan Tetap Manis

Fimela.com, Jakarta Saat harga kebutuhan pokok naik, tentu kita harus cerdas mencari cara agar tidak perlu kekurangan, salah satunya adalah dengan mencari bahan pengganti alternatifnya. Salah satu bahan makanan yang sering mengalami kenaikan harga adalah gula pasir. Jika ingin makanan tetap manis tapi kehabisan gula pasir, ini sekian bahan yang bisa mengganti gula.

1. Gula merah/gula jawa

Gula jawa atau gula merah yang terbuat dari kelapa memiliki rasa manis khas yang sedikit gurih dengan aroma yang harum. Cocok sekali untuk mengantikan gula pada berbagai makanan mulai dari masakan dengan bumbu rempah seprti gulai hingga olahan makanan manis seperti kolak.

2. Madu

Madu mungkin agak mahal namun paling baik digunakan untuk menggantikan gula pasir dengan penggunakan sedikit seperti pada teh, pancake, waffle, wedang jahe atau yang lainnya.

3. Gula halus

Gula halus memang lebih umum digunakan untuk membuat kue atau taburan kue dan donat, tapi karena terbuat dari gula pasir yang dihaluskan, gula halus sangat bisa menggantikan gula pasir.

4. Kental manis

Jika ingin membuat puding, milk tea, bubble tea, atau kue-kue yang sederhana, bisa mengganti gula pasir dengan kental manis, karena terbuat dari gula, bukan susu. Sesuaikan saja penggunaannya.

5. Gula batu

Jika membuat berbagai minuman manis hangat seperti teh, kopi, dan berbagai seduhan, lebih enak menggunakan gula batu jika kehabisan gula pasir.

6. Gula aren

Gula aren juga bisa menggantikan gula pasir meski agak mahal. Penggunaannya juga bisa lebih luas dan beragam, mulai dari minuman, kue, hingga masakan. 

7. Kurma

Kurma bisa jadi tambahan manis dalam berbagai menu kue meski memang harus butuh gak banyak jika ingin mengganti gula pasa masakan.

8. Minuman kemasan

Jika ingin membuat minuman manis, beli yang kemasan sudah termasuk gula sehingga tak perlu lagi menambahkan gula. Lebih praktis dan tidak mahal.

9. Gula stevia

Gula stevia yang dibuat dari daun stevia juga bisa menggantikan gula pasir. Gula jenis ini juga diyakini lebih aman untuk penderita diabetes.

10. Sirup

Jika ingin sekaligus memiliki rasa segar buah-buahan untuk minuman dan olahan makanan, bisa menggantikan gula dengan sirup.

Itu dia sekian bahan makanan pengganti gula pasir jika sedang kehabisan gula di rumah.

#ChangeMaker with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading