Sukses

Lifestyle

7 Cara agar Tubuh Tidak Mudah Dehidrasi selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Menjalani puasa Ramadan di awal pasti agak berat karena tubuh perlu membiasakan diri menahan untuk tidak makan, apalagi minum. Manusia akan bertahan hidup selama 30 hari meski tidak makan, tapi pasti tak akan bertahan jika tanpa minum.

Itulah mengapa perlu menerapkan sekian cara agar tak perlu mengalami dehidrasi selama puasa seharian agar puasa tetap lancar.

1. Banyak minum air putih selama buka puasa dan sahur

Kurangi makanan berbuka dan sebaiknya perbanyak minum air putih karena haus bisa disalahartikan sebagai lapar oleh tubuh. Tubuh membutuhkan air putih terutama saat makan sahur.

2. Banyak makan buah-buahan berair

Kurangi gorengan dan makanan berlemak, ganti dengan takjil manis dari berbagai macam buah-buahan segar seperti semangka, pir, pepaya, jeruk, tomat, mentimun dan melon yang kaya kandungan air.

3. Kurangi minuman mengandung kafein dan gula

Kurangi minum kopi dan teh karena mengandung kafein yang bersifat diuretik atau mudah membuat tubuh dehidrasi. Boleh minum sat berbuka, namun jangan minum saat sahur. Begitu juga mengurangi minuman manis karena mudah membuat tubuh haus. Ganti dengan jus, susu atau minuman lain yang tanpa kafein dan rendah gula.

4. Hindari kegiatan di bawah terik matahari

Jika diharuskan bekerja atau berkegiatan di luar rumah, lebih seringlah berteduh. Jangan terlalu sering berada di bawah sinar matahari agar tidak mudah haus.

5. Lebih sering berada di rumah

Jika lebih sering berkegiatan di rumah atau di dalam ruangan tentu lebih nyaman. Batasi kegiatan fisik yang menyebabkan tubuh dehidrasi dan mengeluarkan berkeringat.

6. Mandi dua kali sehari

Menjaga suhu tubuh tetap sejuk juga berpengaruh terhadap rentan tidaknya tubuh mengalami dehidrasi. Pastikan mandi dua kai sehari agar suhu tubuh tidak mudah gerah dan dehidrasi.

7. Olahraga sore hari

Selama puasa tetap harus rajin olahraga, tapi pilih watu sore hari menjelang waktu berbuka agar tidak memberatkan. Pilih juga olahraga yang lebih ringan atau tidak langsung menyebabkan haus seperti berlari, HIIT dan aerobik lain yang keras.

Nah, itu dia sekian cara agar tubuh tidak mudah dehidrasi selama puasa Ramadan. Patut diterapkan ya Sahabat Fimela.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading