Sukses

Health

8 Manfaat Selada untuk Mencegah Kolesterol dan Cara Mengolahnya

Fimela.com, Jakarta Selada sering sekali kita temukan pada lalapan. Sayuran selada juga biasa disajikan di gado-gado, bahkan makanan cepat saji seperti burger. Daun selada merupakan sayuran yang memiliki zat nutrisi baik, yang diperlukan untuk kesehatan tubuh, rambut dan kulit.

Daun selada merupakan sumber memiliki kandungan vitamin A dan vitamin K tinggi. Selain itu daun selada juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalium dan kalsium. Selada merupakan sayuran kaya akan gizi, tapi selada mengandung kalori dan lemak rendah. Sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Daun selada dapat dikonsumsi secara mentah atau matang. Namun jangan lupa untuk mencuci daun selada sampai bersih sebelum mengonsumsinya. Berikut manfaat selada untuk mencegah kolesterol dan cara mengolahnya:

Manfaat Selada

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selada mengandung folat yang baik untuk tubuh. Asam amino dan kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi, bisa menyebabkan berbagai penyakit pada jantung. Jika pembuluh darah tersumbat, hal tersebut dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit arteri koroner dan emboli paru. Daun selada juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Sehingga memiliki fungsi untuk antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas, mengontrol kolesterol dan mencegah kerusakan sel-sel yang bisa membuat penyakit jantung.

2. Merawat Kesehatan Kulit

Kulit memerlukan vitamin A dan vitamin C, untuk menjaga kesehatan kulit, dan menjaga warna kulit. Kandungan vitamin A yang terdapat selada, bisa membantu meratakan warna kulit, yang tidak rata akibat paparan matahari. Kandungan vitamin C pada selada, memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit, yang sering terjadi pada usia dewasa.

Rutin mengonsumsi daun selada yang kaya akan vitamin A dan vitamin C, bisa membantu merawat kulit Anda agar tampak lebih sehat, kencang dan lembut. Selada juga memiliki kandungan air yang tinggi. Sehingga mampu menjaga kelembapan kulit secara alami, agar kulit tidak kering dan tidak mudah keriput.

Manfaat Selada yang Selanjutnya

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selada memiki kandungan antioksidan, yang bisa membantu melawan radikal bebas, yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam daun selada, berfungsi untuk menjaga sel-sel imun tubuh, untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu selada mengandung vitamin A, yang bisa menyembuhkan infeksi, atau peradangan akibat kerusakan sel yang diserang virus atau bakteri.

4. Membantu Kesehatan Mata

Mata memerlukan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Selada memiliki kandungan vitamin A, yang diperlukan oleh mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalam selada, bisa membantu menjaga kesehatan mata, agar penglihatan selalu sehat. Vitamin A juga bisa membantu menghindarkan dari risiko penyakit glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengonsumsi selada juga bisa membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, karena selada memiliki kandungan mineral, yang baik untuk kesehatan tulang. Selada memiliki kandungan mineral yang tinggi, dan juga mengandung vitamin K, yang bisa mejaga kesehatan tulang. Selain itu selada juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B9 atau asam folat, yang juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang, dan membantu tubuh menyerap kalsium yang bisa membuat tulang sehat.

Manfaat Selada yang Terakhir

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun selada memiliki kandungan yang kaya akan serat dan selulosa. Daun selada membantu melancarkan pencernaan, untuk membantu mengurangi berat badan. Serat yang terdapat pada selada, juga membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh. Dan serat bisa membuat perut kenyang lebih lama. Garam-garam yang terdapat pada tubuh, diganti dengan serat baik yang ada pada tubuh, untuk membantu menguraikan kolesterol dan menurunkan berat badan.

7. Mengurangi Resiko Diabetes

Jika sering mengonsumsi selada, maka selada memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, yaitu mampu mengurangi risiko diabetes. Karena selada memiliki kandungan kadar gula rendah, yang tidak menyebabkan kenaikan kadar gula secara drastis, pada saat dikonsumsi setiap hari. Daun selada juga mengandung lactucaxanthin, karotenoid anti diabetes yang membantu menurunkan kadar glukosa darah, dan bisa menjadi pengobatan alternatif untuk menangani diabetes.

8. Menjaga Rambut Tetap Sehat

Bukan hanya tubuh saja yang memerlukan vitamin K, tetapi rambut juga memerlukan vitamin K agar tetap sehat. Vitamin K yang terkandung di dalam selada, memiliki berbagai manfaat untuk rambut, untuk mencegah kerontokan. Selada bisa menjaga rambut tetap sehat, karena mampu meningkatkan kekuatan setiap helai rambut, dan dapat mencegah kerontokan.

Cara Mengolah Tumis Selada Jamur

Bahan:

  • 2 batang selada
  • 250 gr jamur merang
  • 1 buah bawang bombai
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Kecap asin sesuai selera
  • Penyedap

Cara mengolah:

  1. Tumis bawang bombai hingga harum, masukkan bawang putih, tumis kembali hingga harum.
  2. Masukkan jamur merang, tumis sebentar, masukkan saus tiram, aduk rata tunggu sebentar.
  3. Masukkan minyak wijen, kecap asin, dan penyedap, tambahkan sedikit air. Tumis sampai jamur empuk.
  4. Masukkan selada, aduk sebentar, hanya sampai tercampur rata dengan bumbu, kemudian angkat. Siap disajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading