Ini Manfaat Makan Bubur saat Buka Puasa Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana27 Apr 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 27 Apr 2020, 17:00 WIB
Bubur ayam

Fimela.com, Jakarta Selama buka puasa, makanan apa saja yang sudah dilahap Sahabat Fimela? Karena ternyata ada beberapa makanan yang terbukti lebih sehat jika dikonsumsi saat perut kosong, seperti misalnya bubur.

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University menemukan bahwa makan bubur yang terbuat dari biji-bijian utuh mampu mengurangi risiko penyakit jantung, bgitu juga mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

Ketika buka puasa, rasa lapar cenderung membuat orang ingin makan makanan manis dengan segera. Alhasil, kadar gula darah juga akan cepat naik dan ini tak sehat untuk kondisi tubuh dan insulin. Bukan hanya memicu diabetes tapi juga mengganggu kesehatan kardiovaskuler.

Manfaat makan bubur

bubur kacang merah
Ilustrasi bubur kacang merah./Copyright shutterstock.com/g/JadeYang

Peneliti yang mengumpulkan data kesehatan dari 100 ribu lebih orang selama lebih dari 14 tahun ini menemukan bahwa pilihan makanan yang dikonsumsi sangat memengaruhi kesehatan jantung dan metabolisme, terutama kaitannya dengan kadar gula darah.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA: Internal Medicine ini menyebutkan bahwa mereka yang makan biji-bijian utuh yang diolah menjadi bubur, termasuk bubur gandum, beras merah, jagung, quinoa, kacang hijau dan biji-bijian lain mampu meindungi tubuh dari beberapa penyakit, terutama penyakit jantung.

Jadi, daripada makan makanan secara sembarangan saat buka puasa, mulai sekarang pertimbangkan makan bubur hangat yaang sehat ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓