Sukses

Lifestyle

6 Ide Usaha Kuliner Saat Pandemi Virus Corona dan Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Usaha kuliner menjadi opsi yang belakangan diminati untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Baik yang membuat dan memasak sendiri maupun jadi reseller, usaha kuliner saat masa pandemi virus corona sekaligus bulan Ramadan menjadi sesuatu yang menjanjikan.

Memang, sih, saat semua orang di rumah saja, mau tak mau membuat kita mencoba memasak sendiri makanan untuk keluarga. Baik karena tak ada pilihan atau justru memiliki banyak waktu luang.

 

Nah, buat kita yang mempunyai skill masak, kenapa tidak dikembangkan? Dicoba dari usaha kuliner dari makanan andalan yang disukai semua anggota keluarga di rumah.

Berikut 6 ide usaha kuliner yang bisa dimulai di tengah pandemi virus corona;

Lauk Siap Santap

Kelezatan lauk siap makan dari Minang seperti rendang sudah tidak diragukan. Proses memasak yang membutuhkan waktu dan kesabaran membuat orang berpikir dua kali untuk melakukannya saat tak punya banyak waktu luang.

Apalagi rendang merupakan makanan yang awet hingga bisa dikonsumsi dalam waktu yang lama. Siapa yang bisa melewatkan godaan nasi hangat dengan bumbu rendang kaya rasa?

Deretan lauk siap santap yang banyak berseliweran dijajakan di WhatsApp Group di antaranya varian ayam (bakar, ungkep, sambal ijo), cumi, sampai berbagai olahan ikan.

Snack atau Kudapan Ringan

Meski waktu ngemil semakin terbatas saat Ramadan, snack tetap saja punya permintaan tinggi. Sebagai gantinya bisa dipakai sebagai takjil saat berbuka puasa. 

Apalagi saat di rumah saja membatasi kita jajan takjil di bazar Ramadan atau pasar malam. Akan jadi poin plus jika makanan tahan lama meski tanpa bahan pengawet. 

Misalnya siomay ikan tenggiri yang dibuat fresh dan diantar di hari yang sama. Setelahnya siomay akan bertahan 1 bulan dalam freezer.

Dessert

Makanan penutup selalu menjadi ide menarik dan tidak akan pernah salah. Di bulan Ramadan dessert dari Timur Tengah Om Ali atau Umm Ali menjadi dessert yang populer. 

Omali yang biasa disebut puding roti dari Mesir ini juga biasanya dilengkapi dengan kismis dan kacang-kacangan bergizi. Rasanya yang creamy, manis, dan lembut bersatu di mulut.

Selain itu varian dessert box seperti Dalgona, Milo, Regal, Kit-Kat juga sedang mencuri perhatian. Atau pudding klasik dengan modifikasi juga masih digemari.

Frozen Food

Goreng-gorengan seperti ebi furai, chicken nugget, samosa, risoles yang dijual beku juga banyak dicari. Begitu juga penjualnya, bisa kita temui online di mana-mana. 

Kita bisa membuatnya sendiri atau mencoba peruntungan menjadi reseller. Pastikan temukan supplier yang memberikan harga terbaik.

Aneka Minuman

Tak lengkap rasanya semua makanan di atas tanpa minuman. Dari jenis minuman yang berseliweran di Instagram, minuman kesehatan seperti herbal drink atau jamu racikan sendiri masih mendominasi.

Selain minuman herbal, es segar khas berbuka seperti merah delima, es pisang ijo, es buah juga menggugah selera. Atau jika kita punya resep andalan lainnya, kenapa tidak menjajalnya. 

6. Makanan Vegetarian dan Vegan

Gaya hidup sehat dengan menerapkan diet vegan dan vegetarian juga semakin tinggi peminat. Apalagi jika kamu sendiri menerapkannya sebagai gaya hidup.

Seperti Quiche, salah satu jenis makanan klasik yang berasal dari Perancis yang dimasak dengan cara dipanggang. Crust yg renyah dipadukan dengan filling dari sayuran pasti akan selalu dinantikan.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading