Bukti Penelitian, Anggapan Sekali Selingkuh Tetap Peselingkuh Bukanlah Mitos

Febi Anindya Kirana28 Apr 2020, 17:15 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Ketika mengetahui pasangan selingkuh, ada dua jenis orang yang akan menyikapi dengan berbeda, megakhiri hubungan saat itu juga atau memutuskan memberi kesempatan kedua pada pasangan yang sudah berselingkuh.

Tentu saja sangat baik memberikan kesempatan kedua pada pasangan, namun akankah kepercayaan bisa dibangun sekokoh dahulu? Karena penelitian menemukan bahwa anggapan "sekali selingkuh tetap jadi peselingkuh" ternyata ada benarnya.

Penelitian yang dterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior tahun 2017 menemukan bahwa orang yang pernah selingkuh sekali memiliki kemungkinan tiga kali lipat lebih rentan selingkuh lagi di masa mendatang, entah di hubungan cinta yang saat ini bertahan atau di hubungan cinta lainnya.

Sekali selingkuh akan tetap jadi peselingkuh

Selingkuh
Ilustrasi selingkuh/copyright shutterstock By Dragon Images

Penelitian yang mengikuti 484 pasangan dewasa ini meminta peserta untuk melaporkan kasus perselingkuhan yang mereka alami dan apakah mereka tahu atau curiga pasangan mereka pernah selingkuh. Hasilnya mereka yang mengaku pernah selingkuh rentan selingkuh lagi dibanding mereka yang tidak mengaku pernah selingkuh.

Dengan kata lain, orang yang pernah selingkuh punya kemungkinan besar akan selingkuh lagi dari pasangannya. Ketika hubungan cinta yang ia jalin saat ini berakhir karena ia selingkuh, ia akan mengulangi tindakan selingkuh lagi di hubungan cinta yang baru.

Jadi, memberi kesempatan kedua boleh saja pada peselingkuh jika memang kamu yakin betul ia tak akan mengulanginya lagi, Sahabat Fimela.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓