5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Sembari Menunggu Berbuka Puasa

Imelda Rahma29 Apr 2020, 10:45 WIB
Anak

Fimela.com, Jakarta Selama menunggu waktu berbuka puasa, orangtua dan anak punya banyak waktu untuk melakukan berbagai aktivitas bersama. Momen social distancing seperti saat ini, pasti sangat berat bagi anak-anak dan mereka mudah merasa bosan. Maka dari itu, melakukan berbagai aktivitas bersama anak bisa menjadi hiburan untuk mereka.

Menahan diri dalam waktu yang lama merupakan situasi yang bisa menghambat proses sosialisasi anak tentunya. Momen yang seharusnya mereka dapatkan seperti bermain diluar bersama teman-temannya harus ditunda dulu dan apabila mereka tidak memiliki aktivitas bermain sebagai penggantinya pasti anak-anak akan mudah merasa sedih juga.

Oleh karena itu, sudah menjadi tugas orangtua untuk membuat mereka tetap beraktivitas dan juga produktif dalam artian tetap belajar. Apabila dimanfaatkan dengan baik, waktu luang saat menunggu berbuka puasa bisa jadi cara agar interaksi antara orangtua dan anak semakin dekat.

Bagi orangtua yang masih bingung dan kehabisan ide untuk beraktivitas bersama anak dengan menyenangkan bisa simak artikel berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 5 aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Memasak Menu Berbuka Bersama

Memasak Menu Berbuka Bersama
Ilustrasi Memasak Bersama Anak Credit: pexels.com/Gustavo

Aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak sembari menunggu waktu berbuka ialah memasak bersama. Memasak bersama anak pasti akan jadi momen yang sangat menyenangkan baik bagi orangtua maupun anak.

Dengan memasak bersama, ada keceriaan dan canda tawa didalamnya yang membuat rasa lapar jadi tidak terasa. Selain itu, orangtua juga bisa memiliki momen untuk mengajarkan anak cara memasak yang benar sedari dini.

Namun, tetap diingat untuk selau berhati-hati jika sedang memasak bersama anak karena ada banyak benda berbahaya seperti pisau dapur dan kompor yang harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Walaupun termasuk aktivitas yang menyenangkan, memasak bersama anak juga perlu kewaspadaan ekstra dari orangtua.

Bermain Permainan

Bermain Permainan
Ilustrasi Bermain Bersama Anak Credit: pexels.com/Elly

Kedua, aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak sembari menunggu berbuka puasa ialah bermain bersama anak. Permainan bisa dilakukan secara offline dan online. Permainan yang bisa dilakukan secara offline misalnya adalah permainan ular tangga dan monopoli. Sedangkan untuk online, ada banyak pilihan yang bisa diakses di ponsel.

Ketika orangtua menemani anak atau bermain bersama anak pasti adalah momen yang sangat manis dan anak akan terus mengingatnya. Jika biasanya ia bermain sendiri atau bermain bersama teman sementara orangtua sibuk bekerja diluar maka, ini waktu yang tepat untuk memperbaiki hubungan kekeluargaan.

Berolahraga Bersama Anak

Berolahraga Bersama Anak
Ilustrasi Berolahraga Bersama Anak Credit: pexels.com/Valeria

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan bersama anak ialah berolahraga bersama. Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan didalam rumah agar anak juga tetap bergerak dan sehat. Salah satu olahraga ringan misalnya pemanasan atau senam dengan memakai musik.

Dengan berolahraga bersama, anak dan orangtua juga bisa sama-sama sehat dan mulai mengajarkan kepada anak tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan bergerak dan berolahraga. Pastinya aktivitas ini bisa dijadikan sebagai aktivitas rutin bersama yang menyehatkan.

Berkarya dan Mendampingi Anak Belajar

Berkarya dan Mendampingi Anak Belajar
Ilustrasi Berkarya Bersama Anak Credit: pexels.com/Gustavo

Keempat, aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak berikutnya ialah berkarya dan mendampingi anak belajar. Masa yang paling kreatif dan otaknya dapat bekerja maksimal adalah pada masa anak-anak. Maka dari itu, ajak anak untuk berkarya dan mencoba hal baru agar ia bisa menemukan bakatnya.

Mendampingi anak belajar juga jadi cara orangtua untuk mengawasi perkembangan anak lebih dekat. Para orangtua jadi tau apa yang anak pelajari, yang mereka rasakan. Pada momen ini juga, orangtua punya banyak kesempatan untuk berbicara dengan anak mengenai berbagai hal semata-mata untuk mengedukasi.

Mengaji Bersama

Mengaji Bersama
Ilustrasi Mengaji Bersama Credit: pexels.com/Abdullah

Terakhir, aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak sembari menunggu waktu berbuka ialah mengaji bersama. Aktivitas ini juga sangat relevan dengan momen ramadan agar anak lebih memahami kewajibannya.

Selain mengisi waktu luang, pastinya mengaji bersama anak adalah kegiatan mulia yang bisa mendapatkan pahala. Anak juga nantinya akan terbiasa untuk belajar mengaji sehingga ia bisa tumbuh menjadi anak yang sholeh dan bertakwa.

Lanjutkan Membaca ↓