6 Cara Jaga Pola Tidur saat Puasa Agar Tubuh Tetap Sehat

Anisha Saktian Putri04 Mei 2020, 08:30 WIB
tidur siang

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya pola makan saja yang berubah, pola tidur juga ikut mengalami perubahan ketika puasa. Bangun subuh ketika sahur membuat jam tidur berkurang.

Padahal pola tidur yang benar dapat meningkatkan imunitas tubuh, apalagi di tengah pandemi virus corona seperti saat ini. Tidur berkualitas juga membuat tubuh tidak mudah lemas dan tidak mengantuk sepanjang hari bagi kita yang tetap kerja walau di rumah saja.

Untuk itu, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga pola tidur tetap normal saat puasa, dilansir dari berbagai sumber.

1. Majukan waktu tidur

Selama bukan Ramadan, ada baiknya untuk majukan waktu tidur dari jam tidur biasanya. Misalnya, jika biasanya tidur jam 10 malam, saat bulan Ramadan bisa tidur jam 21;00 atau 21;30.

2. Tidur setelah sahur

Setelah sahur dan sholat subuh, bisa melanjutkan tidur 1-2 jam sebelum menjalani rutinitas.

3. Prioritas

tidur
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Siriluk ok

Penelitian menemukan bahwa 60% Muslim bahkan bisa bertahan hingga pukul 11 malam selama bulan Ramadan yang mengakibatkan adanya perasaan lelah namun tetap terjaga untuk bersosialisasi, main handphone dan menonton TV.

Padahal, memaksa tubuh tetap aktif di malam hari dapat merusak kesehatan kamu secara keseluruhan dan meningkatkan risiko penyakit. Jadi, prioritaskan malam untuk beristirahat dan melakukan ibadah malam hari.

4. Bersihkan lingkungan tempat tidur

Tidur juga bergantung pada apakah lingkungan mendukung untuk tertidur nyenyak atau bahkan membuat merasa lebih lelah? Untuk itu ada baiknya suasana tempat tidur membuatmu lebih nyaman, seperti pencahayaan ruangan, tempat yang gelap, sejuk, dan jauhan diri dari perangkat elektronik seperti smartphone. '

5. Olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, bahkan selama bulan puasa. Namun, jangan olahraga dekat jam tidur. Ada baiknya olahraga dilakukan sebelum berbuka puasa, atau jam 17;00.

6. Makanan dan minuman yang dikonsumsi

Jangan tidur saat kelaparan dan kekenyangan. langsung tidur setelah makan dapat membuat waktu tidur terganggu bahkan meningkatkan risiko penyakit.

Kelaparan pun dapat menggangu tidurmu. Ada baiknya konsumsi makan-makan ringan sebelum tidur seperti buah atau biskut gandum.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks