Ini Sekian Manfaat Makan Bubur Sumsum untuk Pencernaan Ketika Buka Puasa

Febi Anindya Kirana29 Apr 2020, 15:45 WIB
Bubur Sumsum

Fimela.com, Jakarta Ketika mendekati waktu berbuka puasa, setiap orang mungkin ingin makan banyak makanan karena dalam kondisi perut lapar. Tapi ada baiknya jika bijak memilih makanan saat buka puasa karena pengaruhnya terhadap kesehatan pencernaan, apalagi jika memang sering mengalami masalah pencernaan.

Salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi tepat saat buka puasa selain air putih adalah bubur sumsum atau bubur yang terbuat dari nasi atau beras. Makan bubur saat perut kosong sangat baik untuk kesehatan, ini manfaatnya.

1. Menghangatkan perut

Karena disajikan hangat, bubur sumsum akan memberikan kehangatan pada dinding lambung sehingga tidak menimbulkan iritasi dan membuatnya siap mencerna makanan berikutnya yang masuk ke lambung. Kehangatan dan lembutnya tekstur bubur di mulut juga tanpa disadari mampu memberikan efek relaksasi.

2. Mengurangi asam lambung

es bubur sumsum
Ilustrasi es bubur sumsum./Copyright shutterstock.com

Perut perlu makanan atau minuman yang tidak membuat dinding lambung kaget, terutama makanan yang cocok menetralkan asam lambung. Dan bubur sumsum atau bubur nasi dengan kandungan pati dan air di dalamnya akan sangat tepat menetralkan asam lambung yang tinggi karena tidak makan dan minum seharian.

3. Tubuh mudah menyerap sari makanan

Karena terdiri dari tepung beras, gula, air dan santan yang dominan merupakan karbohidrat sederhana, usus akan lebih mudah menyerap sari makanan dan mengubahnya menjadi energi sehingga tubuh kembali segar dan tidak lesu.

4. Membuat perut kenyang

Karena berupa karbohidrat, perut akan mudah kenyang setelah makan satu mangkuk bubur sumsum. Makan bubur ini akan membuat orang yang berpuka puasa tidak ingin banyak makan karena sudah kenyang lebih dulu. Efek ini tentu sangat bagus jika ingin mencegah makan berlebih.

5. Mengurangi keinginan makan dan minum manis

Karena gula dalam bubur yang manis, tubuh akan mengurangi nafsu makan secara alami karena sudah terpenuhi keinginan makan manis. Tubuh akan secara alami menolak makanan manis lainnya sehingga bisa mengontrol kenaikan berat badan dan kadar gula darah karena terlalu banyak makan gula.

Jadi, jika buka puasa pertimbangkan makan bubur sumsum mulai sekarang ya Sahabat Fimela karena itu dia sekian manfaatnya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓