5 Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis Online Saat Ramadan dan Social Distancing

Imelda Rahma29 Apr 2020, 19:35 WIB
Bisnis Online

Fimela.com, Jakarta Saat ini kita berada pada situasi dimana kita menjalankan ibadah puasa sekaligus menahan diri karena sedang social distancing. Kondisi ini bukanlah kondisi yang mudah dijalani oleh semua orang dan pastinya memberikan efek yang berbeda dengan bulan ramadan pada tahun sebelumnya, saat pandemi ini belum ada.

Kita jadi menghabiskan banyak waktu di rumah karena peraturannya kini adalah belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah juga di rumah. Berada di rumah dalam waktu yang lama juga pasti beban bagi banyak orang. Maka dari itu kamu harus memiliki kegiatan yang bisa mengisi waktu di rumah.

Salah satu aktivitas yang bisa kamu ikuti ialah seminar bisnis yang dilakukan secara online misalnya via meeting zoom dan google hangout meet. Saat ini seminar dan workshop banyak dilakukan secara virtual. Kamu bisa mengikutinya agar hari-harimu selama bulan ramadan jadi lebih produktif dengan belajar seputar bisnis.

Mengikuti seminar bisnis secara online juga memiliki banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan tidak hanya sekedar mengisi waktu luang. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 manfaat mengikuti seminar bisnis online selama ramadan dan social distancing. Simak semua manfaatnya berikut ini.

Menambah Pengetahuan Soal Bisnis

Menambah Pengetahuan Soal Bisnis
Ilustrasi Mengikuti Seminar Bisnis Online Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Manfaat mengikuti seminar bisnis online yang pertama ialah pastinya bisa menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bisnis. Bagi kamu yang memiliki minat tinggi terhadap bisnis pastinya mengikuti kegiatan seperti ini adalh kesempatan emas yang sayang jika dilewatkan.

Sepanjang kamu mengikuti seminar bisnis online, kamu akan mendapatkan banyak perspektif dan informasi mengenai bagaimana caranya membangun sebuah bisnis dengan strategi yang tepat misalnya. Mengikuti seminar bisnis online juga salah satu step sebenarnya jika kamu memang benar ingin menjadi pebisnis yang profesional.

Selama ramadan dan social distancing kamu bisa saja mengeluh karena merasa lapar, penat, dan pusing memikirkan keuangan. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengalihkan distraksi dari permasalahan tersebut ialah dengan mengikuti seminar bisnis online.

Bekal Menghadapi Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir

Bekal Menghadapi Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir
Ilustrasi Mengikuti Seminar Bisnis Online Credit: pexels.com/Burst

Kedua, manfaat mengikuti seminar bisnis online adalah bisa kamu jadikan sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan setelah pandemi berakhir. Pandemi Covid-19 telah berhasil menyebabkan penurunan ekonomi pada berbagai sektor termasuk pada mata pencaharian. Banyak sekali orang yang terdampak akibat wabah ini, baik karyawan maupun pebisnis semua merasakan pahitnya.

Maka dari itu, dengan mengikuti seminar bisnis online sebenarnya secara tidak langsung kamu sedang mempelajari bagaimana caranya menghadapi kehidupan kedepannya jika mata pencaharian kamu sebelumnya di bidang bisnis. Kamu mendengarkan banyak informasi yang bisa kamu implementasikan seusai pandemi ini berakhir.

Tetap Bisa Produktif

Tetap Bisa Produktif
Ilustrasi Mengikuti Seminar Bisnis Online Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Selanjutnya, manfaat ketiga dari mengikuti seminar bisnis secara online ialah kamu tetap membuat diri kamu produktif. Tidak ada lagi ungkapan bahwa berdiam diri di rumah artinya kamu akan kehilangan banyak hal. Justru kamu bisa mendapatkan banyak hal dengan tetap bisa bersantai di rumah.

Ketika kamu mengikuti kegiatan ini di rumah, pada waktu yang sama sebenarnya diri kamu sedang belajar sesuatu yang positif dan bermanfaat. Kamu jadi tetap semangat dan tidak merasa malas apalagi bosan di rumah karena ada banyak seminar online yang bisa kamu ikuti, salah satunya adalah seminar bisnis yang membuat dirimu jadi berkembang setiap harinya.

Berkesempatan Memiliki Mentor

Berkesempatan Memiliki Mentor
Ilustrasi Mengikuti Seminar Bisnis Online Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Keempat, dengan mengikuti seminar bisnis secara online, kamu juga berkesempatan memiliki mentor bisnis yang bisa kamu jadikan acuan dalam memulai maupun menjalankan bisnis. Posisi seorang mentor dalam sebuah perjalanan bisnis tentu sangat vital karena ia bisa memberikan banyak saran dan nasihat untuk perkembangan bisnismu.

Seringkali kamu merasa bingung dalam satu situasi yang tidak terduga saat menjalankan bisnis dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Maka pada situasi seperti inilah sebenarnya kamu membutuhkan mentor yang secara pengalaman dan kapasitas pasti bisa memberikan pandangan tentang apa yang seharusnya kamu lakukan.

Bagian dari Ibadah

Bagian dari Ibadah
Ilustrasi Mengikuti Seminar Bisnis Online Credit: freepik.com

Terakhir, manfaat dari mengikuti seminar online saat ramadan ialah karena kegiatan tersebut sama saja dengan beribadah. Ketika kamu mengikuti seminar artinya kamu sedang belajar sesuatu dan pastinya hal tersebut lebih baik daripada kamu pakai dengan sengaja untuk tidur dalam waktu yang lama.

Kegiatan yang kamu ikuti bersifat positif dan pastinya bermanfaat sehingga kamu terhindar dari hal-hal buruk yang bisa mengurangi bahkan membatalkan puasa. Perbanyak aktivitas positif selama berpuasa di bulan ramadan, salah satunya adalah belajar dengan mengikuti seminar online.

Lanjutkan Membaca ↓