Sukses

Lifestyle

7 Cara Menghilangkan Malas Selama Puasa dan Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Menjalani puasa dan tetap berada di rumah tentu membuat rasa malas lebih mudah muncul. Apa kamu juga merasakannya?

Selepas sahur, rasa kantuk masih terus menyisa dan ingin selalu berbaring di tempat tidur. Terlebih puasa kali ini dijalani di rumah sehingga tidak mengharuskan kita untuk bersiap-siap untuk ke kantor.

Banyak dari kita yang mengalami perubahan rutinitasi harian dengan berada di rumah dan membuat kita cenderung lebih malas. Ini akan menjadi berbahaya jika terjadi dalam jangka panjang.

Seperti dilansir dari Boldsky pada Jumat (1/5/2020) kamu bisa berhenti dari kebiasaan malas dan kembali menjadi aktif dengan beberapa cara berikut ini.

1. Membuat pikiran lebih aktif bekerja

Tentu kamu harus memutuskan untuk berhenti malas. Ada jalan jika ada niat, bukan? Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah tidak berdiam diri setelah bangun tidur di pagi hari. Berada di tempat tidur seharian akan membuatmu akan kembali tidur dan malas melakukan apapun.

2. Tetapkan beberapa tujuan kecil

Kamu bisa mulai menetapkan beberapa tujuan kecil dan mencapainya. Sehingga merasa lebih termotivasi dengan adanya tujuan. Seperti memasak makanan, membersihkan rumah, mencuci pakaian, atau mencuci piring. Buatlah dirimu sibuk dalam beberapa pekerjaan yang produktif dan bermakna.

 

3. Berikan hadiah untuk diri sendiri

Setelah mencapai beberapa tujuan kecil tadi, tidak ada salahnya jika kamu memberikan sedikit penghargaan. Bisa dengan menyiapkan sarapan favorit dengan cita rasa mewah atau membeli makanan favorit secara online.

4. Kembali ingat untuk melakukan sesuatu

Jika merasa terdemotivasi dan ingin menyerah, ingatkan diri tentang tujuan mengetahui rasa malas. Rasa malas mungkin akan terus ada. Tapi kita bisa mengurangi intensitasnya agar tidak menjadi kebiasaan.

 

5. Hindari menunda pekerjaan

Kebiasaan menunda pekerjaan mendukung terbentuknya kebiasaan malas. Sekali dua kali mungkin tidak memberikan efek secara langsung. Namun jika menunda pekerjaan selalu dilakukan dan tidak pernah dikerjakan lagi tentu rasa malas yang akan terbentuk.

6. Coba menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat

Ini bisa menjadi cara lain untuk mengatasi rasa malas. Kamu bisa menetapkan durasi melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Dengan cara ini tentu akan menjadi lebih aktif.

7. Jauhkan gangguan

Percaya atau tidak, ponsel atau platform streaming akan mengalihkan perhatian sampai batas tertentu. Untuk itu, ketika hendak mengerjakan sesuatu, lebih baik jauhkan ponselmu atau gangguan lain yang mengalihkan perhatianmu.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading