Social Distancing, 3 Aktivitas yang Bisa Bantu Hambat Penyebaran Virus Corona

Karla Farhana01 Mei 2020, 16:00 WIB
[Fimela] Likee

Fimela.com, Jakarta Ramadan tahun ini terasa berbeda. Pasalnya, penyebaran virus Corona telah membuat pemerintah menerapkan PSBB, sehingga nuansa Ramadan kali ini menjadi lebih sepi dari biasanya. 

Apa lagi tentang dampaknya terhadap sosial ekonomi. Ada begitu banyak orang yang terpaksa beralih profesi berkat pandemi yang masih belum mereda hingga kini. Sementara pejuang di garda terdepan, tim medis, harus berhadapan langsung dengan para pasien Corona dan pasien yang berpotensi positif Corona. 

Ada begitu banyak APD yang disumbangkan ke berbagai rumah sakit rujukan. Begitu juga dengan sembako untuk para tim medis dan masyarakat yang terdampak langsung pandemi ini. Membantu memulihkan perekonomian negara cukup berat. Tapi paling tidak, masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membantu mengurangi pneyebaran COVID-19

1. Hapus Stigma Corona

[Fimela] Likee
Likee | Likee

Tidak ada siapa pun yang ingin terinfeksi virus ini. Wajar jika kamu khawatir akan tertular atau bahkan menularkan virus kepada orang lain. Namun, tindakan gegabah dan juga pola pikir yang mendiskriminasikan korban Corona tentu tidak bisa dibenarkan. 

Yuk, berperilaku positif dan memberikan dukungan kepada sesama masyarakat. Cari tahu lebih banyak dan pahami tentang bagaimana virus ini menyebar. Dan, stop stigma buruk terhadap orang-orang yang terinfeksi virus Corona. Karena, terinfeksi virus ini bukanlah sebuah aib. 

2. Doa dan Pesan Positif

Tidak semua pihak bisa turun langsung ke lapangan untuk membantu para korban. Tidak mengapa jika kamu hanya bisa mendoakan para tim medis dan juga relawan agar tetap diberikan kesehatan dan kekuatan untuk memerangi virus Corona. Jangan lupa, kamu juga harus menyebarkan pesan positif kepada masyarakar lewat berbagai platform. 

Misalnya, dengan cara membuat video pendek di Likee. Kamu bisa memanfaatkan fitur baru dan menghadirkan kegiatan positif sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, salah satunya dengan kegiatan #DoauntukPahlawan. 

Hingga saat ini, kegiatan  #DoaUntukPahlawan telah mendapatkan empat juta views dan mengumpulkan sekitar delapan ribu fans di aplikasi Likee. 

3. Dukungan Terbaik

Bantu para pebisnis kecil dengan membeli produk atau menawarkan produk dari orang-orang yang membutuhkan bantuanmu. Jika kamu lebih beruntung, kamu bisa mengunjungi situs yang menyediakan fasilitas untuk melakukan donasi kepada yang membutuhkan. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓