Sukses

Lifestyle

Simak 4 Tips Khatam Al Qur’an Selama Ramadan yang Bisa Kamu Coba

Banyak umat muslim yang melakukan amalan khatam Al Qur’an selama ramadan. Khatam Al Qur’an selama ramadan menjadi salah satu aktivitas pembawa berkah di bulan suci. Hal ini juga bertepatan dengan peristiwa diturunkannya Al Qur’an.

Memperbanyak membaca Al Qur’an juga merupakan amalan besar dengan limpahan pahala. Membacanya juga merupakan salah satu sunnah Rasul yang dianjurkan selama ramadan. Pahala yang diterima juga akan berlipat ganda apabila dibaca sekaligus dikhatamkan selama satu bulan selama ramadan.

Maka dari itu, tidak heran banyak orang berlomba-lomba untuk mengkhatamkannya selama ramadan. Namun, dalam proses pengkhataman diperlukan konsistensi agar niat baik tersebut dapat terwujud, karena jika tidak target khatam selama bulan hanya sebatas keinginan yang tidak jadi realita.

Agar kamu dapat mengkhatamkannya sesuai dengan keinginan, ada tips dan cara yang bisa kamu terapkan. Fimela.com kali ini akan membagikan 4 tips khatamAl Qur’an selama ramadan yang bisa kamu coba.

Niat dan Motivasi

Tips yang pertama ialah membangun niat dan motivasi yang kuat untuk mengkhatamkan Al Qur’an. Ini merupakan langkah awal sebelum ke tips lainnya karena niat dan motivasi seseorang akan sangat berpengaruh. Niat dan motivasi menjadi dorongan utama yang akan membuatmu semangat dalam mengkhatamkan Al Qur’an.

Niatkan bahwa kamu mengkhatamkan Al Qur’an hanya untuk mencapai ridha Allah SWT semata. Kemudian yakinkan juga kepada dirimu bahwa kamu bisa mengkhatamkannya dalam waktu satu bulan selama ramadan.  

Kamu bisa cari motivasi misalnya kamu memiliki kenalan atau anggota keluarga yang sudah pernah khatam Al Qur’an dalam satu bulan. Jadikan dia motivasi bahwa jika orang lain saja bisa melakukannya maka, kamu juga pasti bisa. Niat dan motivasi tersebut akan membantumu mencapai apa yang kamu inginkan.

Membaca Minimal 1 Juz Setiap Hari

Tips yang kedua agar kamu bisa khatam Al Qur’an selama ramadan ialah dengan membaca minimal 1 juz setiap harinya. Mungkin ini awalnya akan terlihat dan terasa berat bagi yang tidak terbiasa. Namun, ini merupakan salah satu cara efektif agar target kamu tercapai.

Jika kamu sudah mulai terbiasa untuk membaca Al Qur’an satu juz setiap hari, kamu bisa mulai mencoba membacanya lebih dari satu juz dalam sehari. Tentu cara tersebut akan membuat target jadi lebih cepat. Kamu bisa menyempatkan waktu membaca Al Qur’an setelah selesai salat wajib yang 5 waktu dan setelah salat sunnah.

Al Qur’an kebanyakan memiliki kurang lebih 600 halaman. Jika kamu membaginya dengan 30 hari, maka kamu perlu membaca Al Qur’an sebanyak 20 halaman setiap harinya. Kemudian bagi 20 halaman itu dengan 5, yaitu lima waktu sholat. Sehingga setiap selesai sholat kamu perlu membaca Al Quran cukup 4 halaman saja.

Membaca Al Qur’an Digital Melalui Ponsel

Tips yang ketiga yakni dengan memanfaatkan Al Qur’an digital yang bisa kamu unduh di ponsel. Melalui Al Qur’an digital, kamu jadi bisa membacanya kapan saja dan dimana saja. Kapanpun kamu memiliki waktu luang, kamu tinggal membuka aplikasinya dan melanjutkan bacaanmu.

Kemudian dengan menggunakan Al Qur’an digital kamu juga tidak hanya sekedar membacanya tetapi juga bisa langsung melihat terjemahannya. Hal ini memberikan keuntungan untukmu, dimana kamu bisa menyicil dan melanjutkan bacaanmu sekaligus memahami maknanya melalui terjemahan yang disediakan.

Melakukan Tadarus Bersama

Terakhir, tips khatam Al Qur’an selama ramadan yang bisa kamu lakukan ialah dengan melakukan tadarus bersama, misalnya di masjid setelah selesai salat tarawih. Biasanya kegiatan di masjid setelah selesai salat tarawih ialah melakukan tadarus bersama.

Melakukan tadarus bisa membuatmu semangat dalam mengkhatamkan Al Qur’an dan membuatnya jadi terasa lebih ringan karena dibaca dan dikerjakan bersama-sama. Tidak hanya memanfaatkan tadarus di masjid, kamu juga bisa meminta orang rumah untuk tadarus bersama. Pasti ini akan jadi pengalaman yang sangat menenangkan.

Jika perlu, buatlah sebuah kompetisi membaca Al Qur’an kecil-kecilan dengan anggota keluargamu di rumah. Tentu ini akan memotivasi dan menginspirasimu untuk semakin semangat menyelesaikan bacaan Al Qur’an. Namun, pastikan untuk tetap pada tujuan awal mengkhatamkan Al Qur’an, yaitu hanya semata karena Allah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading