Sukses

Lifestyle

Asupan Protein akan Memengaruhi Imunitas Tubuh, Begini Penjelasannya

ringkasan

  • Peran protein dapat mempertahankan fungsi kekebalan tubuh normal sehingga dapat terlindungi dari berbagai penyakit
  • Salah satu cara untuk menyeimbangkan kebutuhan protein adalah dengan mengonsumsi asupan gizi dari sumber yang lengkap

Fimela.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh atau imunitas merupakan bagian penting bagi kesehatan seseorang, apalagi saat berpuasa di tengah pandemi virus corona. Sebab, imunitas menentukan seberapa kuat tubuh terlindungi dari penyakit secara alami, tak terkecuali bagi oranglanjut usia (lansia) .

Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kekuatan imun adalah asupan nutrisi yang cukup, khususnya protein. Asupan protein tak hanya berpengaruh pada imunitas, tetapi juga bantu meningkatkan massa otot yang baik sehingga dapat bantu mencegah hilangnya kekuatan otot.

Sistem imun dibentuk oleh kinerja sel-sel tubuh yang kompleks, jaringan otot, serta organ-organ yang bekerja menjadi satu kesatuan untuk mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh . Ketika imunitas terganggu, kinerja pertahanan alami tubuh akan kewalahan dan berdampak pada mudahnya seseorang untuk terkena penyakit,bahkan dapat berakhir dengan kematian.

Peran protein dalam hal ini adalah mempertahankan fungsi kekebalan tubuh normal sehingga dapat terlindungi dari berbagai penyakit, khususnya karena kandungan asam amino yang cukup tinggi di dalamnya.

Jumlah konsumsi protein yang dibutuhkan oleh lansia adalah 50% lebih tinggi dari orang dewasa pada umumnya. Jacqueline Boff, Ph.D., M.B.A., research scientist memaparkan, saat seseorang bertambah usia, tubuhnya akan mengalami perlambatandalam mencerna makanan dan menyerap nutrisi.

"Karenanya, penting untuk memastikan bahwa mereka yang sudah memasuki fase lanjut usia mengonsumsi makanan yang mengandung 25-30 Gram protein secara reguler. Selain itu, menjaga keseimbangan sumber protein juga berdampak besar untukhidup tetap sehat dan terus aktif," paparnya.

Cara menyeimbangkan kebutuhan protein

Salah satu cara untuk menyeimbangkan kebutuhan protein adalah dengan mengonsumsi asupan gizi dari sumber yang lengkap untuk meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh (immunomodulator). Manajemen nutrisi yang tepat tersebut juga dapat memaksimalkan fungsi limfosit manusia atau sel-sel yang berperan melawan zatasing dan mikroorganisme berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

"Melalui kandungan Ensure, protein untuk orang dewasa memiliki triple protein: kasein, soya, isolate protein susu (whey), 14 vitamin & 10 mineral, tinggi kalsium dan sumber vitamin D, FOS, omega 3 & omega 6 serta rendah laktosa. Manajemen nutrisi yang baik, khususnya mencukupi protein tak hanya menjaga kekebalan tubuh, tetapi juga meminimalisir hilangnya kekuatan otot khususnya bagilansia.” Papar Arnaud Renard selaku President Directors of Abbott Product Indonesia.

Berkurangnya massa otot juga merupakan risiko dari rendahnya kekebalan tubuh yang dapat dialami oleh siapa pun, apabila kekurangan asupan protein. Konsumsi protein yang cukup turut membangun massa otot yang penting . Khususnya mencegahsarkopenia atau melemahnya kekuatan massa otot sehingga lansia berisiko kehilangan kemampuan untuk berjalan, bahkan berdiri tegak.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading