Sukses

Lifestyle

Cara Membantu Perut Mencerna Makanan dengan Baik saat Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Menahan lapar dan minum saat sedang berpuasa di bulan Ramadan terkadang membuat kamu ingin menyantap semua jenis makanan. Begitu adzan tiba, semua makanan yang ada di meja makan akan kamu santap tanpa melihat nutrisi dan membuat lambung penuh seketika. Hal ini akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Perut akan terasa berat, dan nyeri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat melakukan yoga. Berlatih yoga di bulan Ramadan tidak hanya dapat meningkatkan ritual spiritual kamu, tetapi juga dapat menjadi teman terbaik untuk sistem pencernaan. Beberapa gerakan yoga, jika dipraktikan sebelum berbuka puasa dapat memperlancar pencernaan dan membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut seperti kembung ataupun sembelit.

 Melansir dari The Daily Crisp, berikut adalah beberapa tips untuk latihan yoga yang aman dan efektif selama bulan Ramadan.

1. Dengarkan tubuh

Tubuh yang akan tahu bagaimana kondisi badan kamu dan kapan harus berhenti jika mungkin sudah terlalu lelah. Ada baiknya untuk kamu tidak memforsir tubuh.

2. Atur pernapasan

Kesadaran bernafas membantu melepaskan emosi yang tersimpan pada otot dan memungkinkan aliran energi yang lebih baik ke tubuh. Fokus pada pernapasan sambil melakukan gerakan yoga untuk  mengurangi kemungkinan cedera.

3. Mengonsumsi nutrisi dan air yang cukup

Memperhatikan nutrisi dan air yang masuk ke dalam tubuh saat berpuasa sangatlah penting. Jika kamu ingin yoga, pastikan asupan air kamu cukup dan selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar tubuh tetap berenergi dan terhidrasi.

 

 

Berkonsultasi dengan dokter ahli

Jika kamu memiliki kasus cedera punggung, radang usus, cedera lutut ataupun kondisi kesehatan lainnya, sebelum melakukan yoga ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter.

Penulis: Dina

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading