Sukses

Lifestyle

6 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Ramadan

Fimela.com, Jakarta Melaksanakan Ramadan di tengah pandemi, memang ini pertama kalinya. Tidak hanya Indonesia, namun seluruh negara di dunia mengalami hal yang sama. Pada saat seperti ini, ketika semua orang berusaha melindungi diri mereka sendiri dari virus dengan menjaga kebersihan diri mereka. Selain itu meningkatkan kekebalan tubuh kita perlu dilakukan untuk memberi tubuh kita kekuatan ekstra untuk tetap sehat dan melawan segala virus yang mungkin masuk ke dalam tubuh. Terlebih asupan makanan sehat tetap terpenuhi meski saat sedang puasa Ramadan. Berikut ini beberapa makanan yang dapat menjaga kekebalan tubuh saat ramadan.

Jeruk

Jeruk memang dipercaya sebagai sumber vitamin C yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Selain mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung vitamin D, E, beta karoten, seng, kalium, potasium dan pektin. Ternyata kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, asupan sodium moderat dan menetralisir protein yang berkontribusi pada jaringan jantung dan gagal jantung. Pektin memainkan peran penting dan membantu menyerap kolesterol dalam makanan.

Kiwi

Dalam satu buah kiwi kita dapat menikmati beberapa manfaat buah hijau yang mengandung vitamin B, C & E, polifenol, magnesium, kalium dan tembaga. Kandungan vitamin pada buah kiwi dapat mengurangi gumpalan dan menjaga kekebalan tubuh dan jantung tetap sehat.

Kacang Almond

Sebagai salah satu jenis kacang –kacangan yang paling lezat, almond dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Menurut penelitian, kacang almond juga mengandung nutrisi sehat yang dapat membantu meningkatkan daya ingat, kecerdasan dan mengurangi risiko diabetes dan serangan jantung. Jadi mengonsumsi segenggam kacang almond dapat membantu menurunkan kolesterol dan karena tingkat sterol yang tinggi, mencegah penyerapan LDL yang berbahaya dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Bawang Putih

Bawang putih, merupakan salah satu bumbu dapur yang seing digunakan untuk memasak ini, memiliki manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh seseorang. Tidak hanya itu, bawang putih juga mengurangi enzim yang berdampak negatif pada pembuluh darah dan mengatasi plak pada arteri.

Delima

Selain mencegah dan melindungi arteri terhadap plak, campuran antioksidan buah ini membantu mencegah stroke, kanker prostat, diabetes dan Alzheimer. Menurut penelitian juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh siapa pun yang mengonsumsinya.

Kubis

Sayur hijau yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuuk tubuh. Selain mengandung antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga membantu menjaga kesehatan arteri. Kubis adalah jenis makanan yang cukup rendah kalori untuk menjaga kesehatan jantung.

Berikut tadi beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh saat ramadan. Tetap perhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Tetap jaga kesahatan saat Ramadan dan di tengah pandemi COVID-19.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading