Sukses

Lifestyle

Cara Mencegah Radang Tenggorokan Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Radang tenggorokan sering terjadi pada saat puasa. Radang tenggorokan ditandai dengan rasa sakit, gatal atau iritasi pada tenggorokan. Radang tenggorokan disebabkan karena virus, dan bisa sembuh dengan sendirinya. Radang tenggorokan bisa menyerang pada saat sakit flu.

Karena pada saat puasa jarang melakukan aktifitas minum, sehingga tenggorokan cepat kering, dan bisa menyebabkan peradangan.

Apalagi pada saat puasa, sering sekali kita mengobrol, namun radang tenggorokan bisa dicegah dengan mudah. Fimela memiliki cara mencegah radang tenggorokan, agar tidak terjadi pada saat puasa, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Bernapas Menggunakan Hidung, Bukan Mulut

Cara mencegah radang tenggorokan saat puasa, bernapaslah melalui hidung, dan jangan bernapas melalui mulut. Bernapas melalui mulut saat puasa, bisa membuat tenggorokan semakin kering, dan menambah peradangan pada tenggorokan. Namun jika terjadi pilek, secara tidak sadar Sahabat Fimela akan bernapas melalui mulut, untuk itu pastikanlah tetap bernapas melalui hidung.

Jangan Banyak Bicara dan Menggunakan Masker

Saat berpuasa, janganlah terlalu banyak bicara, agar tenggorokan tidak kering. Hal ini bisa membantu untuk menjaga diri dari tutur bahasa yang tidak baik, membatasi diri untuk berbicara, dan merupakan cara mencegah radang tenggorokan saat puasa.

Terlalu sering berbicara, akan membuat kondisi di dalam tenggorokan menjadi kering, karena saat puasa tidak bisa terlalu banyak minum. Untuk menghindari iritasi pada tenggorokan, dan menghindari tersebarnya virus, gunakanlah masker pada saat berbicara.

Bersihkan Lingkungan Sekitar

Lingkungan yang kotor bisa memicu timbulnya suatu penyakit. Untuk menghindari sakit, sebaiknya bersihkan lingkungan sekitarmu. Lingkungan yang kotor, biasanya terdapat banyak debu dan kotoran, yang  dapat terhirup saat bernapas.

Debu dan kotoran bisa menjadi suatu penyebab radang pada tenggorokan. Tenggorokan akan mengalami iritasi, dan membuat suara menjadi serak. Rajinlah membersihkan lingkungan sekitar, selain membantu menghilangkan penyakit, bersih-bersih bisa membantu menghindari kebosanan di rumah.

Mengonsumsi Minum yang Cukup

Cara mencegah radang tenggorokan saat puasa, bisa dengan mengonsumsi minum yang cukup, saat sahur maupun buka puasa.

Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, bisa membantu untuk menjaga kelembapan tenggorokan, dan agar tubuh tidak dehidrasi.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian pada saat puasa, minumlah air putih setidaknya 4 gelas saat sahur, dan minum 4 gelas air putih saat buka puasa.

Memilih Menu Makanan yang Tepat

Sahabat Fimela harus pintar memilih menu sahur dan buka puasa. Karena jika salah memilih menu makanan, bisa menyebabkan radang tenggorokan. Cara mencegah radang tenggorokan saat puasa, hindarilah makanan yang digoreng, atau mengonsumsi camilan kering.

Selain itu kurangilah makanan yang terlalu pedas, asam dan bersuhu ekstrem, seperti makanan atau minuman terlalu dingin maupun terlalu panas. Minyak sisa menggoreng dan uap panas pada masakan, bisa membuat iritasi tenggorokan. Sehingga lebih baik untuk menghindari makanan yang seperti itu.

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam, merupakn cara untuk mencegah radang tenggorokan saat puasa, secara alami dan praktis. Larutkanlah garam dalam segelas air hangat, lalu berkumurlah setelah makan pada saat sahur dan buka puasa, serta berkumur sebelum tidur.

Saat berkumur dengan air garam, jangan sampai menelan airnya tetapi pastikan air garam sampai pada tenggorokan, kemudian buang air garam tersebut.

Istirahat yang Cukup

Cara mencegah radang tenggorokan saat puasa, bisa dilakukan dengan cara istirahat yang cukup, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Waktu istirahat yang kurang baik, dapat mempengaruhi kinerja tubuh, dan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah.

Lakukanlah tidur siang pada saat berpuasa. Lakukan sekitar 1 hingga 2 jam saja, karena tidur siang bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

Pada malam hari orang dewasa membutuhkan jam tidur sekitar 7 hingga 8 jam. Agar tidak telat saat sahur, hindarilah begadang di malam hari agar tidak mudah terserang penyakit seperti radang tenggorokan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading