Sukses

Lifestyle

Tingkatkan Peluang Dikabulkan, 9 Waktu Utama Berdoa

Fimela.com, Jakarta Berdoa memang bisa kapan saja. Tapi tahukah kalau ada waktu-waktu yang lebih istimewa untuk berdoa agar prioritas doa kita dikabulkan lebih besar? Ada waktu-waktu yang bila kita berdoa pada waktu tersebut, peluang doa kita diterima dan dikabulkan bisa lebih tinggi. 

Bagi yang saat ini sedang punya hajat, keinginan, atau harapan, coba temukan waktu-waktu istimewa untuk berdoa yang lebih khusyuk. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, ada sembilan waktu utama berdoa. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Waktu antara Azan dan Iqamat

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak akan ditolak, suatu doa yang dipanjatkan antara waktu azan dan iqamat." (HR. Tirmidzi)

2. Menjelang Waktu Salat dan Sesudahnya

Tentu saja berdoa setelah salat wajib lebih utama dibandingkan salat sunnah. Ath-Thabary menginfrormasikan bahwa Ja'far Ash-Shadiq berkata, "Berdoa sesudah salat fardu lebih utama daripada berdoa setelah salat sunnah."

3. Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tuhan turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir. Dan berfirmanlah Dia, 'Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka Aku perkenankan doanya. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku ampunia dia.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

Abi Umamah ra. mengutarakan, seseorang bertanya kepada Nabi, "Ya Rasulullah, kapankah doa itu paling didengar oleh Allah?" Nabi Muhammad SAW bersabda, "Pada akhir malam dan sesudah salat wajib." (HR. Tirmidzi)

4. Sepanjang Hari Jumat

5. Waktu antara Zuhur dan Ashar

Serta antara Asar dan Magrib.

6. Ketika Menamatkan Membaca Al-Quran 40 Juz

7. Ketika Sujud

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Saat paling dekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sedang bersujud, karena itu perbanyaklah doa pada saat itu." (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Nasa'i dari Abu Hurairah ra.)

8. Kala Melakukan Tawaf

9. Saat Turun Hujan

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Berdoalah pada waktu doa-doa itu diperkenankan Tuhan, yakni pada saat berjumpa dengan pasukan musuh, ketika akan melaksanakan salat, dan ketika turun hujan." (HR. Asy-Syafi'i)

Mari kita perbanyak doa selama bulan Ramadan ini. Maksimalkan berdoa pada waktu-waktu utama seperti yang disebutkan di atas. Kita sebagai manusia perlu berusaha semaksimal mungkin, berdoa, dan serahkan keajaiban pada Allah SWT.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading