Sukses

Lifestyle

Beberapa Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Buka puasa Ramadan, menandaiberakhirnya puasa. Ketika matahari terbenam, keluarga dan teman-temaan biasanya berkumpul untuk melakukan buka puasa bersama. Menkmati menu buka puasa yang seimbang adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Sahabat Fimlea harus berusaha untuk mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ramadan adalah kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan makan makanan yang sehat. Berikut ini beberapa tips memilih makanan sehat saat berpuasa Ramadan.

Minum Sebelum Makan

Minumlah banyak cairan seperti air, jus, atau pun susu. Ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan esensial yang dibutuhkan tubuh. Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik untuk tubuh. Minumlah 1-2 gelas air sebelum makan. Berhati-hatilah minuman manis selama Ramadan karena banyak minuman mengandung gula berlebih yang memicu meningkatnya kadar gula dalam darah.

Berbuka dengan Kurma

Kurma sangat baik bila dimakan pada awal sahur. Karena kurma adalah sumber gula alami yang bergizi dan dapat memberi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika menderita sakit kepala berjam-jam selama puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh kadar gula darah yang rendah, mulailah berbuka dengan mengonsumsi 2 biji kurma untuk mengembalikan kadar gula dalam tubuh.

Konsumsi Sayuran

Sayuran, kaya akan vitamin, mineral, dan serat serta menyediakan begitu banyak nutrisi dalam kalori yang sangat sedikit. Semakin banyak sayuran yang digunakan maka semakin banyak manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi banyak sayuran dapat memberikan rasa kenyang saat melakukan puasa.

Pilih Karbohidrat Baik

Makan saat berbuka puasa, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan selain serat dan mineral. Karbohidrat kompleks ini meliputi beras merah, pasta gandum, roti, atau kentang.

Mengonsumsi Protein Tanpa Lemak

Pada saat berbuka puasa, sebaiknya konsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung asam amino esensial. Tubuh membutuhkan ini untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan dan unggas lainnya semua merupakan protein berkualitas tinggi dan lengkap.

Tetap perhatikan asupan nutrisi selama berpuasa, ini akan membantumu untuk tetap berenergi selama menjalankan ibadah puasa ramadan. Tetap semangat Sahabat Fimela!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading