Cara Memperkuat Hubungan Pernikahan dan Menghindari Perceraian

Gayuh Tri Pinjungwati08 Mei 2020, 20:15 WIB
Perceraian

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa dibutuhkan upaya untuk melindungi, memelihara dan menumbuhkan pernikahan. Ketika masalah muncul, bagi beberapa pasangan mungkin lebih memilih untuk bercerai dan berpisah. Perceraian dapat diantisipasi dengan beberapa upaya seperti di bawah ini.

Singkirkan Ide Perceraian

Untuk mengatasi masalah perceraian, putuskan lebih dulu bahwa perceraian bukanlah pilihan. Membuat komitmen ini akan membantu seseorang untuk fokus pada bagaimana dirimu dapat membuat pernikahan lebih baik dan lebih kuat.

 Saling Menghormati

Orang pasti berubah dari waktu ke waktu dan memahami, menghargai dan beradaptasi dengan perubahan itu  sangat penting. Untuk membantu meningkatkan diri sendiri tentang orang yang dicintai. Ingtalah bagaimana dirimu mencintai pasanganmu ketika awal menjalin hubungan. Latihan ini akan membantu untuk menghargai setiap kekurangan dari pasanganmu. Ucapkan terima kasih ketika ia sudah membantumu dan memberimu sesuatu. Lakukan hal kecil yang dapat meningkatkan kualitas hubungan.

Jaga Komunikasi

Couple
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berkomunikasi secara terbuka tentang kehidupan, minat, impiam dan perasaan adalah cara penting untuk menumbuhkan keintiman dalam suatu hubungan. Demikian juga sangat penting bagi seseorang untuk mendengar suara dari pasangan. Kadang-kadang membantu untuk menyisihkan 30 menit setiap hari tanpa gangguan di mana dapat berbicara tanpa gangguan.

Saling Memaafkan

Seringkali pernikahan mulai berantakan ketika satu orang menyimpan dendam. Ingatlah bahwa pengampunan sama seperti pemberian yang diberikan kepada diri sendiri. Mentimpan rasa dendam akan berdampak pada kesehatan dan tingakt stres pada seseorang. Jika dirimu melakukan kesalahan pada pasangan, pastikan untuk dengan tulus meminta maaf. Dengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan pada pasangan dan mengapa ia kesal untuk memahami bagaimana melakukan sesuatu secara berbeda di masa depan.

Jangan Mencoba Mengontrol Pasanganmu

Berikan ruang kepada pasangan untuk menjadi apa yang mereka inginkan dan belajar dalam mengambil keputusan. Dalam pernikahan yang sehat, kedua pasangan memiliki rasa saling menghormati satu sama lain dan tidak menuntut cara mereka sendiri. Mereka bahkan tidak saling mengontrol dan memonitoring satu sama lain. Pastikan untuk tetap bekerja sama dengan pasangan dala setiap keputusan besar.

Mengontrol masalah dalam pernikahan bisa sangat menantang. Untuk bertahan dan mencegah perceraian dibuthkan upaya yang dilakukan berdua. Tetap lakukan beberapa cara untuk mencegahnya, karena pada dasarnya pernikahan itu suci, jadi kita harus benar-benar menjaganya dengan baik.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓