4 Tips Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

Karla Farhana12 Mei 2020, 06:30 WIB
[Fimela] Diet

Fimela.com, Jakarta Terkurung di rumah selama PSBB di bulan Ramadan kadang membuatmu malas untuk beraktivitas. Rasa nyaman di rumah dan duduk sambil memainkan gadget membuatmu kurang bergerak. 

Tentunya hal ini bukan hanya memengaruhi kesehatan tetapi juga pola diet. Tidak jarang, pola makan selama di bulan Ramadan yang buruk menaikkan berat badan banyak orang. Apa lagi kalau Sahabat Fimela tidak aktif bergerak atau berolahraga. 

Padahal, untuk tetap menjaga tubuh sehat selama Ramadan, kamu harus tetap aktif dan mengatur asupan makanan. Apalagi kalau kamu ingin menurunkan berat badan. 

Dilansir dari Gulf News, menurunkan berat badan selama bulan Ramadan seharusnya tidak begitu sulit. Selama kamu mengatur pola makan dan terus beraktivitas dengan baik. Berikut 4 tips yang bisa kamu ikuti. 

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/Tyler Nix.

Gulf News menulis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga bisa membantu tubuhmu membakar lemak jahat dalam tubuh dengan lebih efektif. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kamu bisa meningkatkan asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi 3-4 buah dan 2 mangkuk sayuran. 

Buah seperti berries dan sayuran seperti bayam dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena kandungan antioksidannya yang kuat. Jadi, jangan hanya fokus pada diet apalagi mengurangi porsi makan selama Ramadan, ya!

2. Banyak Minum Air

Pastikan kamu lebih banyak mengonsumsi air mineral pada saat berbuka puasa, makan malam, dan sahur, ya. Delapan gelas air mineral merupakan batas minimal mengonsumsi air minum. Nah, kalau kamu ingin menurunkan berat badan dan membakar lemak lebih banyak, kamu bisa meningkatkannya. 

Untuk mengetahui berapa banyak air yang harus kamu konsumsi per harinya, kamu bisa menghitung dengan mengalikan jumlah berat badan yang berkurang (bandingkan pada saat sebelum dan sesudah berolahraga dalam KG) dengan 1,5. Hasilnya merupakan jumlah air yang tubuhmu butuhkan untuk menurunkan berat badan dan menghidrasi tubuh. 

3. Pentingnya Vitamin D

diet
Ilustrasi/copyrightshutterstock/MiniStocker

Bukan hanya buah dan sayuran yang mengandung banyak serat yang penting untuk tubuhmu. Kamu juga harus mengonsumsi lebih banyak vitamin D. Gulf News menulis, vitamin D dapat menggantikan sinar matahari yang menyehatkan untuk tubuh. Kadang, selama Ramadan kamu kekurangan vitamin D karena tidak beraktivitas di luar rumah di pagi hari karena takut kelelahan dan haus. 

4. Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur

Sahur merupakan momen berharga yang harus kamu manfaatkan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan baik. Ibaratnya, sahur merupakan sarapan pagi yang kamu lakukan lebih cepat dari hari biasanya. Sahur penting karena ini merupakan satu-satunya waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk menyiapkan pasokan energi agar kamu bisa beraktivitas seharian selama berpuasa. 

Meski kelihatannya melewati sahur akan mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuhmu, namun sahur dengan makanan yang kaya akan serat dapat membantumu menurunkan berat badan. 

#ChangeMaker

simak video berikut

Lanjutkan Membaca ↓