Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatasi Sakit Punggung Akibat WFH Terlalu Lama

Fimela.com, Jakarta Selama Work from Home (WFH), kamu mungkin bekerja di depan laptop tanpa duduk di sebuah kursi, namun di atas tempat tidur sambil bersantai. Bekerja dengan suasana yang begitu homy memang sangat nyaman untuk bekerja. 

Namun, Sahabat Fimela juga harus memerhatikan bagaimana postur tubuh pada saat bekerja. Pasalnya, postur tubuh yang salah mampu memengaruhi posisi tulang punggung. Hal ini tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Dilansir dari Friday Magazine, biasanya sakit punggung karena posisi yang salah terjadi ketika kamu menatap ke bawah begitu lama. Posisi ini, menurut Allardyce, direktur klinis di Surrey Physio di Uni Emirat Arab, memberikan peregangan otot di sekitar leher. Makanya, leher pun akhirnya menjadi pegal dan keras. 

Jika sakit punggung dan leher kaku sudah terjadi akibat posisi tubuh yang salah saat bekerja, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum memeriksakannya ke dokter. 

1. Berjalan setiap 30 menit sekali

Bekerja memang penting, namun duduk selama berjam-jam apa lagi dengan posisi yang salah akan mengganggu posisi tulang belakang. Karena itu, cobalah untuk berjalan-jalan selama 1-2 menit setiap 30 menit sekali. Misalnya berjalan ke dapur, atau ke ruangan lainnya. 

2. Gunakan kursi yang keras

Duduk di atas kursi yang empuk memang sangat nyaman. Namun, jika terlalu lama, hal ini justru mengakibatkan gangguan pernapasan meski kamu tidak sadari. Karenanya, cobalah untuk duduk yang tegak di atas kursi yang keras dan tegak. 

3. Yoga

Jika memang sudah terasa sakit pada bagian belakang leher dan punggung bagian bawah, cobalah untuk berolahraga. Salah satu olahraga yang dapat memperbaiki postur tubuh adalag yoga. 

4. Superman Pose

Untuk memperbaiki postur tubuh, kamu bisa berolahraga dengan melatih area punggungmu. Salah satunya dengan superman pose. Caranya, berbaringlah di atas matras yoga dengan posisi perut di bawah dan wajah menghadap ke lantai atau matras. \

Angkat kaki kiri dan tangan kanan bersamaan. Usahakan postur tubuh lurus. Kemudian, turunkan. Angkat lagi kaki kanan dan tangan kiri. Tahan kedua posisi ini masing-masing 30 detik. Ulangi beberapa kali dan lakukan setiap hari. 

5. Periksa ke dokter

Jangan lupa untuk mengontrol posisi dudukmu dan memerhatikan perubahan setelah melakukan beberapa hal seperti di atas. Jika tidak membaik, bisa jadi saraf di area punggungmu ada yang terjepit otot atau tulang punggung. Untuk itu, periksakanlah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

#ChangeMaker

simak video berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading