Sukses

Lifestyle

Mengenal Teknik Pomodoro Agar Tetap Fokus Selama WFH

Fimela.com, Jakarta Bekerja dari rumah atau WFH rupanya lebih sulit daripada bekerja di kantor. Mungkin kamu tidak memerlukan usaha lebih untuk pergi ke kantor dan melakukan pekerjaanmu. Namun tantangan WFH rupanya tidak lebih mudah dari bekerja dari kantor.

Ada banyak distraksi yang muncul selama WFH. Mulai dari rasa malas, mengantuk, pekerjaan rumah, hingga anak yang rewel. Sementara selama WFH kamu perlu untuk tetap fokus dalam melakukan pekerjaanmu.

Melansir dari Elitedaily pada Rabu (13/5/2020) ada yang disebut sebagai teknik Pomodoro untuk meningkatkan fokus. Teknik ini dibuat oleh Francesco Cirillo ketika ia masih mahasiswa pada 1980-an.

Gagasan sederhananya, jika kamu memiliki tugas besar, kamu membagi waktu yang kamu habiskan untuk mengerjakan tugas tersebut dalam waktu singkat.

 

Cara kerja teknik Pomodoro

Kamu bisa menghabiskan 25 menit untuk tugasmu. Ini disebut sebagai sprint produktivitas dalam teknik Pomodoro. Kemudian ambil waktu istirahat sekitar lima menit, dan ulangi siklus ini hingga empat kali. Setelah itu, beristirahat lebih lama 15-30 menit untuk mengisi ulang tenagamu. Kamu bisa mengulangi pola ini beberapa kali sepanjang hari.

Ada beberapa orang yang bisa mengerjakan pekerjaan secara mendalam, di mana bisa menyelesaikan tugas tanpa gangguan selama beberapa jam dengan fokus yang intens. Secara fisik, orang-orang ini melepaskan diri dari media sosial, tv, atau distraksi apapun yang memicu kamu untuk berhenti bekerja.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading