Punya Sifat Kepribadian Seperti Ini Membuat Tubuhmu Sehat, Menurut Studi

Febi Anindya Kirana13 Mei 2020, 14:01 WIB
Diperbarui 13 Mei 2020, 14:01 WIB
perempuan bahagia

Fimela.com, Jakarta Selain tampang cantik atau penampilan menarik, salah satu kualitas penting yang sering diabaikan orang meski menyadari bahwa itu sangat dibutuhkan adalah kepribadian. Banyak orang menganggap remeh kepribadian karena karena tak tampak dari luar.

Tak banyak yang tahu, bukan hanya olahraga dan menjaga pola makan yang sehat saja yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh terhadap penyakit, ternyata memiliki kepribadian tertentu juga bisa menentukan tingkat kesehatanmu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Psychoneuroendocrinology menemukan bahwa orang-orang yang memiliki kepribadian ekstrovert yang secara alami lebih banyak bicara, energik, dan mudah didekati ternyata memiliki sistem kekebalan tubuh lebih baik dan kuat dibanding dengan orang yang tertutup.

Kepribadian ekstrovert punya imun tubuh lebih baik

kepribadian perempuan zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Dalam penelitian tersebut, partisipan menjalani tes darah dan kuis kepribadaian untuk mengetahui lima sifat alami yang berbeda di dalam diri mereka. Hasil tes darah menunjukkan bahwa mereka yang punya kepribadian lebih antusias dan mudah bergaul secara alami telah meningkatkan gen pro-inflamasi di dalam sel-sel darah putih mereka sehingga lebih kuat melawan penyakit inflamasi dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Lalu apakah mereka dengan kepribadian introvert akan secara otomatis mudah terserang penyakit karena sistem imun tubuhnya rendah? Tidak juga. Orang-orang berkepribadian intovert menemukan kenyamanan dalam kesendirian mereka.

Introvert yang tidak merasa kesepian meski sendirian, penuh percaya diri, kreatif dengan sendirinya, memahami kepribadian mereka dengan baik, dan justru akan mudah lelah dan stres ketika berada di keramaian tetap memiliki imunitas tubuh yang kuat. Jika mereka tetap olahraga di rumah, bersosialisasi dengan orang-orang terdekat dan mengimbangi diri dengan banyak kegiatan yang bermanfaat, tak pelru khawatir dengan kesehatannya.

Dalam penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang memiliki sifat terlalu pemalu, mudah cemas, khawatir dan tertutup punya sistem imun yang lemah, dan tidak semua orang introvert seperti itu.

Jadi, mungkin orang berkepribadian ekstrovert memang terbukti punya sistem imun tubuh lebih kuat, tapi bukan berarti juga semua introvert punya sistem imun tubuh rendah.

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓