Sukses

Lifestyle

Bukti Penelitian, Pria dengan IQ Rendah Justru Rentan Selingkuh

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan seseorang sangat penting dalam banyak hal. Bukan hanya pencapaian akademik, kecerdasan juga penting dalam menentukan seberapa besar peluang kerja seseorang dan bagaimana ia menjalani kehidupan, tidak terkecuali menjalani kehidupan percintaan.

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata besar tidaknya angka IQ seseorang bisa memprediksi seberapa besar ia akan selingkuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychology Quarterly tahun 2010 menemukan bahwa pria dengan IQ rendah rentan selingkuh dari pasangannya.

Penulis penelitian, Dr Satoshi Kanazawa dari London School of Economics and Political Science setelah menganalisis dua data survei besar dari Amerika Serikat mengatakan bahwa para pria yang punya kecerdasan lebih baik juga akan lebih menghargai nilai hubungan cinta monogami dibandingkan pria yang kecerdasannya tidak cukup baik.

Pria IQ rendah rentan selingkuh

Hasil yang sama tidak ditemukan para perempuan. Dengan kata lain, tingkat kecerdasan tidak memengaruhi seberapa besar perempuan bisa selingkuh dari pasangannya.

Alasan unik dikemukakan Kanazawa tentang penemuan ini. Ia mengungkapkan bahwa kecenderungan ini sebenarnya ada hubungannya dengan seberapa primitif naluri dasar seorang laki-laki. Pria yang tidak begitu cerdas akan berpikiran lebih akan menguntungkan bisa kawin sebanyak mungkin dengan perempuan dan menghasilkan banyak keturunan, dengan kata lain mereka lebih mengedepankan nafsu. Sedangkan naluri primitif ini tidak banyak berlaku pada pria modern yang cerdas dan berpendidikan.

Lalu apakah pria ber-IQ tinggi akan lepas dari masalah selingkuh? Tentu tidak, pria cerdas akan tetap rentan selingkuh jika memiliki penghasilan besar.

Jadi, sudah cukup jelas kan mengapa banyak sekali pria selingkuh ternyata memiliki IQ yang rendah?

#ChangeMaker with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading