Mina Twice Kaget dengan Hasil Tes Kepribadiannya, Berikut 5 Ciri ISFP

Novi Nadya14 Mei 2020, 20:00 WIB
Mina Twice (Soompi)

Fimela.com, Jakarta Mina Twice menjalani tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dalam epidose TWICE TV yang diunggah JYP Entertainment untuk mengetahui tipe kepribadiannya. Dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes tersebut, ia mendapati ISFP (introverted, sensing, feeling, perceiving).

Saat membaca deskripsi ISFP, Mina Twice terlihat terkejut karena ada beberapa yang dirasa kurang cocok dengan dirinya. Tipe kepribadian ISFP dikenal sebagai petualang, namun ia merasa sama sekali tidak menyukai petualangan.

"Aku tidak seperti itu, bahkan tak tertarik mencari petualangan di taman hiburan. Aku tidak terlalu suka bertualang," ujar member girlband K-Pop tersebut. 

Namun setelah membaca-baca lebih lanjut, Mina menemukan keakuratan hasil tes kepribadian tersebut dengan dirinya. Tipe ISFP adalah sangat sensitif pada orang-orang di sekitar mereka dan selalu mengutamakan perasaan orang lain.

Ia mengatakan tidak pernah berkelahi dengan orang lain sejak dulu. Termasuk dengan kakaknya meski berbeda pendapat ia lebih suka memendamnya karena tetap ingin berteman.

Karakter Tipe Kepribadian ISFP

FOTO: Duh, Cantiknya Personel TWICE yang Bakal Manggung di Jakarta
Personel TWICE, Mina, Momo, Tzuyu, Nayeon, Sana, Jihyo, Chaeyoung, Dahyun, Jeongyeon saat konferensi pers di Tangerang, Banten, Jumat (24/8). TWICE akan menggelar konser yang bertajuk TWICELAND ZONE 2: Fantasy Park. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tipe kepribadian ISFP ini umumnya dikenal sebagai pribadi yang pendiam, kalem, dan ramah. Melansir dari verywellmind.com, menurut David Keirsey, kreator Keirsey Temperament Sorter, terdapat sekitar 5-10 persen orang memiliki tipe kepribadian ISFP. Seorang ISFP pun dikenal memiliki sejumlah ciri dan karakter berikut ini;

1. Sering Menunda dalam Pembuatan Keputusan

Ketika sedang dihadapkan pada berbagai pilihan, seorang ISFP seringkali menunda untuk membuat keputusan. Dia akan menunggu apakah bakal ada perubahan atau mungkin bakal muncul pilihan-pilihan baru yang sekiranya lebih baik lagi.

2. Ramah dan Kalem

Sebagai seorang introvert, orang dengan kepribadian ISFP selalu butuh waktu untuk menyendiri setelah menghabiskan waktu bersama orang lain. Ketika menyendiri, ia sedang mengisi ulang energi tubuhnya.

Selain itu, seorang ISFP juga lebih suka berkumpul dengan teman, keluarga, dan orang-orang yang benar-benar dekat daripada dengan orang banyak yang tidak ia kenal dengan baik.

 

3. Peduli dan Pecinta Damai (Mina Twice Approved)

TWICE
Dari kabar tentang Mina hingga keterlibatan di lagunya, ini fakta tentang Feel Special TWICE. (Allkpop)

Meski seorang ISFP tampak tertutup, tapi ia bisa sangat peduli dan pengertian dengan orang-orang di sekitarnya. Ia bisa dengan sangat mudah menerima orang lain apa adanya. Seorang ISFP pun dikenal sebagai pecinta damai karena tak suka dengan konflik atau perselisihan yang tak ada gunanya.

4. Sangat Jeli terhadap Hal-Hal Kecil

Seorang ISFP bisa sangat jeli dan teliti pada hal-hal rinci dan detail. Dia bisa jadi pengamat yang baik untuk hal-hal yang ada di sekitarnya.

5. Kurang Suka Hal-Hal yang Terlalu Teoritis

Hal-hal yang terlalu teoritis kurang disukai oleh seorang ISFP. Dia lebih suka hal-hal yang praktis dan bisa segera dilakukan untuk menyelesaikan situasi atau keadaan yang ada. Kalau ada sesuatu yang terlalu ribet atau rumit dilakukan, dia akan mencari solusi atau jalan keluar yang lain.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓