Kapan Sebaiknya Minta Bantuan Profesional Saat Stres di Tempat Kerja?

Novi Nadya15 Mei 2020, 11:00 WIB
perempuan bekerja

Fimela.com, Jakarta Stres karena pekerjaan mungkin sudah dianggap biasa. Sebab stres sudah jadi makanan sehari-hari para pekerja yang dianggap sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. 

Namun jangan sampai tantangan yang seharusnya menjadi pengalaman dan tempaan berakhir menjadi sebuah tekanan. Banyak faktor yang membuat stres di tempat kerja yang akan mempengaruhi kesehatan mental kita. 

Di antaranya masalah gaji, lingkungan, rekan kerja, hingga atasan yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Atau ketika beban pekerjaan semakin menumpuk dan tak bisa diatasi sendiri, bisa jadi tanpa disadari berpengaruh pada kesehatan mental kita.

Saat kita merasa sudah kewalahan dengan segala tekanan, sangat disarankan untuk langsung menyelesaikannya. Biasanya bercerita dengan rekan kerja akan membagi 50 persen permasalahan kita dan mengurangi tekanan. 

Jika memiliki kesempatan untuk membicarakannya dengan atasan menjadi hal yang baik untuk dilakukan. Atau jika masih biasa diatasi, cobalah melepas stres seperti hangout sepulang kantor dengan teman-teman, menghabiskan waktu dengan keluarga, meditasi, sampai pelarian pada hobi.

Saat Tak Bisa Mengatasi Stres Sendirian

stres pekerjaan
ilustrasi perempuan bekerja/copyright By TORWAISTUDIO (Shutterstock)

Namun jika tak ada yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan stres di tempat kerja sendirian, ini saatnya kita membutuhkan bantuan. Sebab saat kesehatan mental terganggu, otomatis mempengaruhi diri sendiri, officemate, sampai tempat kerja. 

Sebab saat kesehatan mental terganggu, kita akan mengalami kelelahan secara fisik dan emosi. Hal itu berimbas pada konsentrasi, produktivitas, dan kinerja yang menurun ketimbang biasanya.

Jika tempat kerja kita tidak menyediakan layanan konsultasi kesehatan pekerja, ini saatnya meminta bantuan profesional. Seperti tenaga medis psikolog dan psikiater dari Halodoc yang akan membantu mengatasi masalah kesehatan mental di tempat kerja.

Caranya mudah, download aplikasi Halodoc di smartphone dan sesi konsultasi online bisa dilakukan. Selain itu jika berlanjut pada pemeriksaan kesehatan, kita juga bisa membuat janji secara online pada aplikasi tersebut.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓