5 Trik Mengatur Isi Kulkas agar Bahan Makanan Tidak Berantakan

Annissa Wulan18 Mei 2020, 20:00 WIB
Kulkas Bosch

Fimela.com, Jakarta Kulkas menjadi salah satu perangkat penting yang harus ada di rumah saat ini, terutama di tengah pandemi dan adanya pembatasan aktivitas berskala besar. Menyimpan bahan makanan agar selalu segar menjadi salah satu cara menghemat uang, di saat kamu tidak bisa lagi keluar rumah secara rutin untuk membeli makanan siap saji.

Tapi mengatur agar bahan makanan tidak berantakan di dalam kulkas juga bukan hal yang mudah, terutama jika kamu memasak setiap hari. Berikut ini adalah beberapa trik mengatur isi kulkas agar bahan makanan tidak berantakan dari Bosch Indonesia.

1. Rutin memeriksa isi kulkas

Kamu harus rajin memeriksa isi kulkas, perhatikan bahan makanan apa saja yang sudah basi atau lewat dari masa kedaluwarsa. Tata penempatan bahan makanan berdasarkan tingkat kesegarannya, taruh bahan makanan yang harus segera diolah di area yang mudah dilihat dan dijangkau, serta biasakan memeriksa isi kulkas sebelum berbelanja.

2. Tidak semua bahan makanan bisa masuk kulkas

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak kamu simpan di dalam kulkas agar tidak mengurangi tingkat kesegarannya dan memberi lebih banyak ruang di dalam kulkas itu sendiri. Roti, selai cokelat, tomat, bawang merah, bombai, bawang putih, madu, pisang, dan alpukat tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

 

 

3. Menggunakan wadah yang transparan

Kulkas Bosch
Kulkas Bosch Serie 4. Sumber foto: Document/Bosch Indonesia

Selain menata isi kulkas berdasarkan tingkat kesegaran bahan makanan, kamu juga bisa menggunakan wadah transparan, agar semua bahan makanan lebih mudah terlihat, tanpa perlu membongkarnya.

4. Memberi label waktu

Untuk beberapa bahan makanan, seperti daging sebaiknya beri label waktu kapan kamu membelinya sebelum disimpan di dalam kulkas. Cara ini dapat membantumu menghindari konsumsi makanan yang sudah tidak layak.

5. Mengenali kulkasmu

Kulkas Bosch
Kulkas Bosch Serie 4. Sumber foto: Document/Bosch Indonesia

Sebelum memasukkan semua bahan makanan ke dalamnya, kenali terlebih dahulu fungsi dan setiap ruang yang ada di dalam kulkas.

Bosch memperkenalkan Serie 4 dengan rak kaca yang bisa diatur dengan ketinggian hingga 12cm dan kapasitas 324 liter. Dilengkapi dengan fitur VitaFresh berupa kompartemen yang luas, ini bisa menjadi ruang simpan dengan zona suhu berbeda untuk berbagai jenis bahan makanan.

Kulkas Bosch Serie 4 memiliki desain Vario Style, di mana kamu bisa mengganti panel pintu kulkas dengan warna favorit. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓