5 Manfaat Ini Bisa Kita Dapatkan saat Melakukan Zakat

Gayuh Tri Pinjungwati19 Mei 2020, 11:15 WIB
zakat

Fimela.com, Jakarta Zakat merupakan pemberian sedekah kepada orang yang membutuhkan dan tidak mampu. Zakat adalah kewajiban bagi setiap Muslim dewasa yang secara finansial mampu untuk membayar zakat. Amal dikategorikan dalam dua jenis yaitu zakat (amalan wajib) dana sedekah (amalan sukarela). Zakat, memberikan manfaat bagi setiap orang yang melakukannya seperti di bawah ini.

Perlindungan pada Hari Pembalasan

Pada hari pembalasan, Allah akan memberi perlindungan dan naungan bagi mereka yang memberi amal atas nama Allah dan membantu orang kurang mampu serta yang membutuhkan. Pengorbanan seorang Muslim dalam kehidupan ini akan menjadi perlindungan mereka di hari pengadilan nanti.

Perlindungan dari Bahaya

Ketika dirimu mengorbankan sebagian kekayaanmu di jalan Allah, dirimu akan mendapatkan perlindungan yang terjamin dari semua kemalangan dan celaka. Nabi Muhammad berkata:

“Berilah amal tanpa penundaan, karena itu menghalangi jalan bencana.” (Al-Tirmidzi)

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

zakat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Mereka yang dapat melakukan sedekah dan zakat demi orang-orang yang lebih membutuhkan daripada dirinya akan disediakan oleh Allah pahala untuknya. Nabi Muhammad berkata:

“Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Seseorang harus mulai memberi kepada orang yang menjadi tanggungannya. Dan amal terbaik adalah yang diberikan oleh orang yang lebih mampu dari uang yang tersisa dari pengeluarannya. Dan siapa pun yang tidak meminta bantuan keuangan kepada orang lain, Allah akan memberinya dan menyelamatkannya dari meminta kepada orang lain, Allah akan mencukupi apaun kebutuhannya. “ (Al-Bukhari)

Menghindarkan dari Keserakahan

Semakin lama seseorang memegang uang dan gagal membagikannya sebagai amal, semakin sulit nantinya untuk terpisah dari kekayaan yang ditimbunnya. Menyembunyikan kekayaan seseorang dan merampas hak orang yang tidak mampu akan membuatmu menjadi orang yang lebih serakah. Kemalangan mereka akan berlipat ganda dan mereka akan dibawa ke jalan yang salah.

Amal yang Terus Tumbuh

Jika seseorang melakukan perbuatan yang terus memberikan manfaat kepada orang lain  dengan cara yang baik, orang tersebut akan terus mengumpulkan hadiah atas tindakannya selama itu menguntungkan orang lain (bahkan setelah orang tersebut meninggal). Ini disebut sebagai sedekah jariyah atau amal abadi.

Zakat dan amal berfungsi sebagai cara untuk membawa perdamaian, keadilan, keseimbangan, dan kebaikan kepada masyarakat.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓