4 Cara Tenang atasi Kesepian karena Jauh dari Keluarga

Endah Wijayanti25 Mei 2020, 13:11 WIB
meluangkan waktu menyendiri

Fimela.com, Jakarta Merasa kesepian karena jauh dari keluarga adalah perasaan yang wajar dirasakan. Ketika kita hanya sendirian dan tidak bisa bertatap muka langsung dengan orang-orang terdekat di momen penting, pasti ada rasa sedih yang muncul di dalam diri. Hanya bisa berkomunikasi melalui panggilan telepon atau video dan itu kadang rasanya belum cukup untuk obati kesepian.

Kesepian ini hanya sementara. Kita tak perlu terlalu bersedih merasakannya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berdamai dengan rasa sepi ini. Bahkan kita bisa menemukan kebahagiaan baru dari ruang sepi ini.

1. Nikmati Minuman atau Makanan Kesukaan

Nikmati saja waktu yang ada saat ini dengan minuman atau makanan kesukaanmu. Manjakan diri dengan sesuatu yang kamu suka. Kadang dengan menikmati minuman atau makanan kesukaan ini, kita bisa lebih rileks. Ada perasaan tenang dan bahagia sendiri  yang muncul dari kegiatan sederhana ini.

2. Gerakkan Tubuh

Tak perlu melakukan olahraga berat atau intens. Cukup gerakkan tubuh sesuai dengan ritme dan kemampuanmu. Kuncinya di sini adalah mengalihkan perhatian dari rasa kesepian. Kadang mood kita memburuk karena kita terlalu tenggelam dalam rasa kesepian itu. Jadi, daripada mengutuk keadaan dan terus bersedih, gerakkan tubuhmu. Dari sini biasanya suasana hati akan membaik dengan sendirinya.

3. Buat Perubahan dalam Rutinitas

waktu menyendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Jirat+Teparaksa

Misalnya, jika selama ini sering begadang, cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Nikmati pagi hari dan sinar matahari pagi. Lakukan sebuah perubahan kecil dalam rutinitasmu, apa pun itu. Biasanya perasaan kesepian muncul karena kita dilanda rasa bosan. Jauh dari keluarga dan tak ada seseorang yang bisa diajak bicara, rasa bosan pun menjalar dan beralih menghadirkan rasa kesepian. Lakukan hal baru dalam rutinitasmu dan hadirkan perasaan baru untuk menepis perasaan sedih karena kesepian.

4. Buat Sesuatu yang Baru

Membuat kerajian baru, karya baru, atau menekuni hobi baru. Kesibukan membuat sesuatu yang baru akan menjadi penawar yang pas untuk mengatasi perasaan kesepian. Lakukan kesibukan yang memang kamu nikmati. Sehingga waktu yang berjalan bisa terasa menyenangkan. Bisa juga ajak seseorang untuk menemani mengerjakan hal baru. Intinya jangan terlalu berlarut-larut merasa sedih, ya.

Kesepian ini hanya sementara. Jauh dari keluarga memang menghadirkan perasaan sepi. Namun, dari situ kita akan makin menghargai kebersamaan dan hangatnya waktu yang dihabiskan bersama orang-orang tercinta.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓