4 Tips Jaga Kekebalan Tubuh saat Sedang Banyak Pikiran

Endah Wijayanti25 Mei 2020, 14:15 WIB
perempuan jogging

Fimela.com, Jakarta Saat sedang banyak pikiran, kita rentan mengalami stres. Saat stres meningkat, kekebalan tubuh menurun. Akibatnya tubuh jadi gampang sakit dan hal ini jelas membuat kita tidak nyaman.

Untuk membuat kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik, maka ada usaha yang perlu kita lakukan. Bisa dimulai dari cara sederhana, seperti melalui tips-tips berikut ini.

1. Latihan Pernapasan

The American Institute of Stress, mengutip lasvegassun.com, latihan pernapasan perut selama 20-30 menit per hari dapat mengurangi perasaan gelisah. Suplai oksigen ke otak meningkat dan merangsang sistem saraf parasimpatetik. Kondisi ini kemudian dapat menciptakan perasaan tenang. Untuk latihan pernapasan ini bisa dimulai dengan duduk nyaman di permukaan datar. Letakkan satu tangan di perut dan satu tangan di dada. Tarik napas dalam dari hidung, rasakan gerakan pada perut dengan dada yang tetap diam. Hembus napas melalui mulit. Rasakan perut menekan udara keluar. Ulangi sampai sekitar 10 kali. Lakukan pelan-pelan saja untuk menghadirkan perasaan dan pikiran yang lebih tenang.

2. Olahraga Ringan

Olahraga bisa memberi sejumlah manfaat seperti meningkatkan rasa bahagia, membantu tidur lebih nyenyak, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Menggerakkan tubuh dapat meningkatkan detak jantung dan hal ini bisa memengaruhi pikiran kita jadi terasa lebih jernih. Untuk itu, saat merasa sedang banyak pikiran, coba alihkan dengan melakukan olahraga atau menggerakkan badan. Bisa dari olahraga ringan seperti jalan santai atau jogging.

3. Konsumsi Probiotik dan Minum Air Putih Cukup

makan yogurt
Mengonsumsi yogurt./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Bakteri usus memiliki peranan penting dalam tubuh. Jika pola makan kita buruk, maka kondisi tubuh akan ikut memburuk. Cobalah untuk tetap mengatur pola makan sehat. Setidaknya selalu cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih cukup. Serta konsumsi probiotik atau makanan fermentasi seperti yogurt dan kefir. Makanan yang mengandung kolagen seperti kaldu tulang dan ikan salmon juga baik dikonsumsi. Makanan kaya serat seperti buah alpukat, kacanga almond, dan buah-buahan juga perlu dikonsumsi untuk jaga kondisi kesehatan tubuh agar tidak gampang sakit.

4. Buat Kamar Tidur Terasa Nyaman

Biasanya saat sedang banyak pikiran, kita akan merasa sulit tidur. Bahkan bisa mengalami insomnia atau malah kurang tidur. Untuk itu supaya bisa memudahkan kita mendapat tidur nyenyak dan berkualitas, kondisikan kamar tidur terasa nyaman. Atur ruang kamar tidur yang tenang dan sejuk. Selain itu, disarankan kamar tidur dalam keadaan gelap (tanpa lampu atau sumber cahaya) untuk memudahkan kita tidur lebih nyenyak.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya. Tetap jaga kondisi tubuh dengan baik agar kekebalan tubuh senantiasa terjaga.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓