Jangan Hanya Salahkan Pelakor, Ini Faktor Terjadinya Perselingkuhan dalam Pernikahan

Vinsensia Dianawanti20 Mei 2020, 11:30 WIB
Perselingkuhan

Fimela.com, Jakarta Meski sudah memasuki babak akhir, seri drama The World of the Married masih hangat diperbincangkan. Kisah perselingkuhan yang terjadi membuat masyarakat Indonesia geram akan perilaku Lee Tae Oh dan Yeo Da Kyung yang mengkhianati Ji Sun Woo.

Berbicara soal perselingkuhan, banyak faktor yang memungkinkan hal tersebut terjadi. Dalam sebuah hubungan, terutama pernikahan, perselingkuhan pasti akan ada namun bisa dihindari.

Diwawancara Fimela melalui email, Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog menjelaskan bagaimana perselingkuhan dalam pernikahan bisa terjadi. Kebanyakan orang tentu akan menyalahkan orang ketiga yang belakangan disebut sebagai pelakor.

Namun, Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog justru menuturkan bahwa ketika perselingkuhan terjadi, tidak melulu kesalahan orang ketiga.

 

Bukan hanya salah orang ketiga

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

"Tolong jangan gunakan istilah pelakor ya, karena perselingkuhan terjadi akibat kesalahan dua orang, pria dan wanita, bukan hanya wanitanya," jelas Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog.

Lebih lanjut, Juwita menuturkan bahwa kita tidak bisa menghindari orang yang menyukai pasangan kita. Melainkan kita bisa menjaga komitmen pribadi dan hubungan pernikahan agar tetap harmonis, mesra, dan bahagia.

Selain itu seringkali perselingkuhan terjadi karena adanya masalah dalam pernikahan. Salah satu pasangan kemudian mencari jalan keluar yang tidak sehat dengan mencari orang lain dapat memberikan kenyamanan baru.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓