Inilah Manfaat dari Memulai Karier dari Perusahaan Startup yang Perlu Diketahui

Gayuh Tri Pinjungwati19 Mei 2020, 20:15 WIB
kerja

Fimela.com, Jakarta Setiap perusahaan tentunya memiliki lebih dari satu karyawan bahkan ada yang jumlahnya mencapai ratusan ribu karyawan. Ketika hendak memulai karier, dirimu perlu untuk memutuskan apakah ingin bekerja di perusahaan besar atau perusahaan startup yang sedang berkembang. Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, ada beberapa alasan mengapa dirimu perlu untuk memulai karier dari perusahaan startup seperti dibawah ini.

Dirimu akan Memiliki Banyak Pengalaman

Karena perusahaan startup memiliki sedikit karyawan, mereka bergantung pada orang yang harus melakukan lebih banyak pekerjaan. Ini berarti dirimu dilatih untuk menangi proyek dan berurusan denan klien yang benar-benar membuatmu memiliki banyak pengalaman. Pengalaman yang di dapatkan dari melakukan banyak pekerjaan, akan sangat berharga di masa depan. Ini akan mengisi resume dengan prestasi luar biasa dan membutmu sangat menarik sebagai manager atau departemen lainnya.

Jaringan Lebih Banyak

Perusahaan startup menemukan kesuksesan dengan membangun hubungan yang kuat. Kemungkinannya bagus bahwa dirimu akan terlibat dalam pembangunan hubungan itu dan akan bertemu banyak orang hebat. Dalam sebuah perusahaan besar, memungkinkanmu dapat membuat koneksi walau hanya dalam sangat kecil kemungkinannya.

Pelajari Sistem Pengelolaan Perusahaan

Ilustrasi Bekerja
Ilustrasi bekerja (dok. Pixabay.com/kaboompics/Putu Elmira)

Tidak ada tempat yang lebih baik untuk mempelajari trik-trik perdagangan daripada di perusahaan stratup yang mencoba menyelesaikan masalah. Dirimu tidak akan belajar banyak tentang memulai bisnis dari perusahaan besar yang sudah mapan. Keterampilan yang akan dipelajari meliputi kepemimpinan, pemasaran, jaringan, manajemen modal dan sebagainya. Ini akan memungkinkanmu untuk membuat peluang untuk mendapatkan banyak ilmu dari perusahaan startup.

Manajemen Proyek

Semua orang berpikir bahwa bekerja di perusahaan besar mengajarkanmu cara mengelola proyek besar. Namun, kebenarannya adalah dirimu baru belajar cara mengelola sepotong kecil proyek besar. Jika dirimu menginginkan kontrol nyata. Dirimu hanya akan menemukannya di sebuah perusahaan startup dimana dirimu akan memegang kendali pada sebagian besar proyekmu.

Suasana Santai

Peurasahaan stratup cenderung kurang menekankan pada hal-hal seperti kode pakaian, tanda pengenal, jam kerja dan lain-lain. Dalam perusahaan startup, dirimu akan bekerja di lingkungan yang lebih fleksibel dan santai di mana menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Namun, tidak sedikit juga beberapa perusahaan besar, memberikan fasilitas untuk bekerja yang menyenangkan.

Bekerja untuk sebuah peruasahaan kecil mempersiapkanmu untuk melakukan banyak hal dengan baik dan ketika semua dilakukan, maka akan banyak pilihan kariermu yang jauh lebih baik dan lebih luas. Bekerja diperusahaan startup memang memiliki banyak keuntungan, namun, dibalik itu juga terdapat beberapa kekurangan yang mungkin dialami oleh dirimu. 

 

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓