Sukses

Lifestyle

Sistem Pencernaan yang Baik Dapat Meningkatkan Imunitas di Saat Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Pola hidup sehat sangat penting dilakukan di musim pandemi virus corona seperti saat ini. Konsumsi serat dan cukup nutrisi pun salah cara meningkatkan kesehatan.

Dr. Hilna Khairunisa Shalihat, M.Gizi, Sp.GK mengatakan serat dan nutrisi sangat penting bagi kesehatan tubuh dan mental. Khususnya dalam berpuasa dan saat masa pandemi virus corona ini, konsumsi serat dan nutrisi yang cukup setiap harinya dapat menyehatkan sistem pencernaan sebagai sumber utama dari sel imun sehingga imun tubuh kuat dan tidak mudah terpapar oleh penyakit dan virus, selain itu juga dapat mengurangi tingkat stres.

Faktanya, Sekitar 70% dari sistem imun tubuh ada di saluran pencernaan. Oleh karena itu, menjaga pencernaan sehat adalah kunci imunitas kuat. Pemenuhan asupan serat harian dapat memberi makanan bakteri baik usus, meningkatkan ketebalan mukosa usus, mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit, serta mendukung respons sistem imun alami dan spesifik tubuh.

"Jadi, penuhi kebutuhan serat harian untuk pencernaan sehat dan imun yang kuat menghadapi pandemi”, kata dr. Hilna dalam acara “Fibre Discussion: The Benefits of Fibre and Nutrition During COVID-19”.

Tekanan psikologis

Selain itu, pandemi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya membawa dampak bagi semua yang terlibat. Bukan hanya masyarakat umum saja, staf medik dan pekerja tenaga kesehatan terkait berada dibawah tekanan fisik dan psikologis. D

ukungan kesehatan mental terhadap mereka merupakan bagian penting dari respon kesehatan masyarakat.

“Oleh karenanya diperlukan dukungan di tiap tingkatan untuk meningkatkan kesehatan mental para petugas kesehatan tersebut dan mengajukan kesempatan untuk mengatasi situasi ini. Dukungan bisa didapat dari tim kerja, organisasi, teman sejawat dan dukungan dari diri sendiri dalam menjalani tugas”, kata Dr. dr. Elmeida Effendi, M.Ked, SpKJ (K).

Untuk itu, FibreFirst mendukung Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia cabang Sumatera Utara (PDGKI Sumut) dalam mengadakan webinar untuk edukasi dokter-dokter di seluruh Indonesia tentang pentingnya konsumsi serat dan nutrisi selama masa pandemi dengan judul tema “Fibre Discussion: The Benefits of Fibre and Nutrition During COVID-19”.

Terhitung ada sekitar 300 dokter di seluruh Indonesia yang mengikuti webinar ini yang berhak mendapatkan 4 SKP.Fibre Discussion adalah sebuah program dari FibreFirst yang dibuat sebagai wadah bagi para pelaku industri kesehatan berbagi dan update pengetahuan demi meningkatkan tingkat pola hidup masyarakat Indonesia.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian FibreFirst untuk berbagi dan update pengetahuan melalui Fibre Discussion kepada para tenaga medis Indonesia. Kami sangat senang dengan respon para peserta yang sangat antusias mengikuti jalannya acara, terhitung ada 287 dokter dari berbagai spesialis yang sebagian besar juga merupakan garda terdepan dalam menghadapi COVID-19," papar Benny Winata, CEO FibreFirst,

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading