Update Virus Corona 19 Mei 2020: Kasus Positif COVID di Indonesia Jadi 18.496

Karla Farhana19 Mei 2020, 17:00 WIB
[Fimela] Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia kian bertambah. Liputan6 melaporkan, pemerintah menyebutkan ada 486 kasus baru di Indonesia pada Selasa (19/5/2020). Sehingga, total kasus positif di Indonesia kini menjadi 18.496 kasus. 

Meski demikian, kasus pasien sembuh pun meningkat cukup banyak. Hari ini, ada 143 pasien sembuh baru sehingga total kasus sembuh menjadi 4.467 orang. Sementara, menurut Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto, kasus meninggal bertambah 30 orang sehingga total menjadi 1.221 korban jiwa. 

Selain mengumumkan update jumlah kasus positif, sembuh, dan meninggal, Yuri juga meminta agar masyarakat tetap melakukan berbagai cara pencegahan COVID-19 seperti menjaga jarak, tidak bepergian keluar rumah, menggunakan masker, tidak mudik, menghindari kerumunan, serta rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. 

"Kita berharap dengan kepatuhan kita terhadap segala anjuran pemerintah yang terkait dengan pengendalian COVID-19 ini atau kesungguhan kita untuk menjalankan era normal yang baru maka angka ini akan bisa kita tekan, bisa kita turunkan untuk kemudian, menjadi hilang," jelasnya. 

Masyarakat Mulai Paham Bahaya Corona

[Fimela] ilustrasi masker
masker untuk menghindari virus corona | pexels.com/@cottonbro

Selain itu, Yuri juga menyampaikan kalau masyarakat kini sudah semakin paham akan bahaya virus Corona. Hal ini, menurut Yuri, merupakan hal yang patut diapresiasi, karena masyarakat juga sudah mulai mengambil sikap yang benar dan terus menerus berpartisipasi dalam penanganan Corona di Indonesia. 

"Perilakunya pun banyak yang berubah. Masyarakat mulai memahami perilaku hidup bersih sehat, membiasakan cuci tangan pakai sabun, dan apabila terpaksa keluar rumah mereka pun pakai masker," kata Yuri.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓