Sukses

Lifestyle

3 Ayat Al Qur’an yang Dapat Memberikanmu Motivasi dan Semangat Hidup

Fimela.com, Jakarta Motivasi berasal dari bahasa inggris “motion” artinya gerakan atau sesuatu yang bergerak. Motivasi secara umum adalah rangsangan atau dorongan/pembangkit yang membuat manusia melakukan sesuatu. Motivasi bisa hadir melalui berbagai cara, bisa melalui diri sendiri, orang lain, maupun objek-objek tertentu.

BACA JUGA: Pahami Arti Dan Makna Ayat Ar Razzaq Tentang Bekerja Keras

Motivasi memiliki pengaruh yang kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu atau memberikan semangat yang selalu berhasil membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik. Tanpa sadar, setiap orang membutuhkan motivasi dan memiliki harapan baru berkat motivasi tersebut.

Dengan kekuatan motivasi, suasana hati dan perilaku seseorang bisa berubah ke arah yang lebih positif. Rasanya seperti membangkitkan energi positif dari dalam diri dan direalisasikan dalam suatu perubahan perilaku yang produktif.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan motivasi di bulan ramadan, kamu bisa mendapatkannya melalui ayat-ayat Al Qur’an yang kamu baca. Firman-firman Allah yang tertulis dalam Al Qur’an bisa kamu jadikan motivasi hidup. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 3 ayat Al Qur’an yang dapat memberikanmu motivasi dan semangat hidup. Simak selengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA: Golongan Orang Yang Kekal Selamanya Dijelaskan Dalam Dalil

Surat Al Baqarah Ayat 216

Motivasi dan semangat hidup bisa kamu dapatkan dari Surat Al Baqarah ayat 216 yang berbunyi:

“Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui,“

Melalui ayat tersebut hendaknya kita bisa memahami bahwa hanya Allah yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untukmu. Maka dari itu, jika pada suatu saat kamu tengah mendapatkan musibah dan kesulitan, janganlah mengeluh namun berdoa padanya.

Dan jangan juga cepat menyerah pada keadaan serta berprasangka buruk pada Allah SWT atas apa yang terjadi padamu. Sesungguhnya segala yang terjadi padamu pasti memiliki hikmah dibaliknya yang bisa kamu jadikan pelajaran berharga untuk memperbaiki hidup di masa depan. 

Surat Al Baqarah Ayat 286

Motivasi dan semangat hidup bisa kamu dapatkan dari Surat Al Baqarah ayat 286 yang berbunyi:

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya,”

Ayat ini memberikan penjelasan yang singkat dan padat bahwasanya ketika kita mendapatkan musibah, Allah SWT tidak menurunkan suatu ujian atau cobaan kepada hamba-Nya melainkan karena hamba tersebut mampu untuk menanggungnya. Maka dari itu, janganlah berputus asa atau berprasangka ketika berada dalam posisi terpuruk.

Jika kamu merasa ujianmu sangat berat, itu artinya kamu adalah hamba Allah SWT yang kuat sehingga cobaan atau ujiannya pun berbeda. Justru dengan ujian tersebut, ketika kamu berhasil melewatinya, Allah SWT akan menaikkan derajatmu ke tempat yang lebih mulia.

Oleh karenanya, janganlah berputus dari rahmat Allah SWT, apapun yang terjadi tetaplah semangat terus berikhtiar sembari meningkatkan ketakwaan. Semoga Allah SWT segera mengangkat ujian dan cobaan yang sedang kamu hadapi.

Surat Ath-Thalaq Ayat 2-3

Motivasi dan semangat hidup bisa kamu dapatkan dari Surat Ath-Thalaq ayat 2-3 yang berbunyi:

“Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya,”

Melalui ayat ini, kita hendaknya menyadari bahwa ketenangan hati itu mahal harganya dan hanya bisa kamu peroleh jika kamu bertakwa kepada Allah SWT. Seringkali kita mengeluhkan segala hal, baik yang sudah kita miliki maupun yang ingin kita miliki hingga hati kita selalu gusar dan tidak pernah tenang.

Padahal kuncinya hanya satu yakni, meningkatkan ketakwaan dengan rajin beribadan kepada Allah SWT. Dalam ayat ini pun Allah SWT sudah berfirman bahwa akan memberikan jalan keluar bagi setiap permasalahan hamba-Nya asal hamba tersebut bertakwa. Sesungguhnya sangat mudah bagi Allah SWT untuk menghilangkan kesusahan manusia di muka bumi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading