Tips Menghilangkan Insecure dalam Hubungan agar Langgeng

Kezia Prasetya Christvidya25 Mei 2020, 09:45 WIB
couple-kezo

Fimela.com, Jakarta Insecure adalah perasaan gelisah, perasaan hati tidak nyaman atau tidak tenang, dan perasaan takut terhadap sesuatu secara berlebihan dan terus menerus.

Insecure juga bisa terjadi pada hubungan. Memiliki perasaan insecure bisa membuat hubungan menjadi tidak langgeng, dan membuat pasangan menjadi tidak nyaman.

Insecure di dalam hubungan, bisa terjadi karena seseorang merasa tidak berharga, atau tidak pantas bersanding dengan pasangannya. Perasaan insecure bisa dihilangkan, dan bisa dikontrol di dalam sebuah hubungan, agar hubungan langgeng.

Berikut tips menghilangkan insecure di dalam hubungan, agar hubungan menjadi langgeng, yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Menerima Perasaan Insecure

ilustrasi tips menghilangkan insecure di dalam hubungan/pexels
ilustrasi tips menghilangkan insecure di dalam hubungan/pexels

Tips menghilangkan insecure di dalam hubungan, bisa dilakukan dengan menerima perasaan insecure tersebut, agar hubungan menjadi langgeng. Perasaan insecure adalah perasaan yang wajar. Apalagi jika Sahabat Fimela merupakan pasangan yang baru saja jadian, sehingga perasaan insecure itu harus diterima dengan baik.

Komunikasikan dengan pasanganmu, ceritakan kalau memiliki perasaan insecure dalam menjalin hubungan ini. Jika pasangan orang yang baik maka ia akan menerimamu. Walaupun insecure adalah perasaan yang wajar, dan sering terjadi pada banyak orang, namun usahakan jangan terlalu berlarut dalam perasaan insecure.

Yakin dengan Diri Sendiri

Tips menghilangkan insecure di dalam hubungan, bisa dilakukan dengan meyakinkan diri sendiri, agar perasaan insecure tidak mengganggu hubungan. Perasaan insecure biasanya datang dari diri sendiri. Perasaan insecure karena gelisah dan rasa takut, bisa diatasi dengan meyakinkan diri sendiri bahwa hubunganmu dengan pasangan akan bahagia.

Bicaralah di depan cermin, yakinkan dirimu bahwa dirimu berharga, dan pantas untuk bahagia di dalam hubunganmu. Berbicaralah dengan dirimu sendiri dengan yakin, lakukanlah setiap kali merasa insecure. Yakin dengan diri sendiri bisa membuat hubungan dan pasanganmu menjadi langgeng.

Harus Merasa Berharga dan Istimewa

ilustrasi tips menghilangkan insecure di dalam hubungan/pexels
ilustrasi tips menghilangkan insecure di dalam hubungan/pexels

Tips menghilangkan insecure di dalam hubungan, bisa dilakukan dengan menanamkan pikiran bahwa dirimu berharga dan istimewa. Tips ini bisa membuat hubunganmu menjadi langgeng. Walaupun perasaan insecure sering datang, karena merasa diri tidak istimewa dan tidak berharga di depan pasangan, namun sebenarnya pasangan memilihmu karena merasa dirimu istimewa dan berharga.

Agar tidak insecure atau minder saat bertemu pasangan, tanamkan terlebih dahulu pikiran bahwa dirimu istimewa dan berharga. Setelah itu buat penampilanmu menjadi terlihat berharga dan istimewa. Terlihat berharga dan istimewa, tidak hanya ditunjukkan untuk pasangan saja. Tetapi demi kebaikan dirimu sendiri agar dihargai.

Meningkatkan Kualitas Diri

Tips menghilangkan insecure dalam hubungan, bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas diri. Tips ini juga bisa membuat hubungan menjadi lebih langgeng. Perasaan insecure sering sekali muncul, karena merasa diri tidak pantas dan kemudian minder. Hal ini bisa diatasi dengan cara meningkatkan kualitas yang ada di dalam diri.

Sahabat Fimela bisa mencatat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Lalu tutupilah kekuranganmu dengan kelebihanmu, hal ini juga bisa membuat diri terlihat lebih baik. Kualitas diri juga bisa digali dengan adanya hobi. Jika Sahabat Fimela memiliki hobi menulis, kembangkanlah hobi tersebut hingga membuat dirimu bangga dan berkualitas.

Percaya Akan Bahagia

ilustrasi tips menghilangkan insecure/pexels
ilustrasi tips menghilangkan insecure/pexels

Tips menghilangkan insecure dalam hubungan, bisa dilakukan dengan saling percaya, bahwa hubungan ini akan langgeng dan bahagia. Walaupun di dalam hubungan sering terjadi konflik, dan banyak orang yang mengadu domba, tetap percaya hubungan kalian tetap bahagia dan langgeng.

Jangan mudah percaya dengan omongan orang, yang akan merusak hubungan, dan menambahkan insecure di dalam dirimu. Komunikasikan dengan pasangan, selalu jujur dan terima pasangan apa adanya, agar hubungan langgeng dan bahagia.

Langgengnya satu hubungan itu tergantung dari kamu dan pasangan. Jadi pastikan kalian memiliki komitmen yang sama saat memulai satu hubungan.

Lanjutkan Membaca ↓