Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa dengan Baking Soda

Gayuh Tri Pinjungwati20 Mei 2020, 11:15 WIB
Ilustrasi bau mulut (iStock)

Fimela.com, Jakarta Bau mulut yang secara medis disebut sebagai halitosis yang disebabkan oleh berkembangnya bakteri di mulut, infeksi amandel, masalah sistem pencernaan, mulut kering, merokok, menyikat gigi yang tidak tepat dan makanan tertentu seperti bawang putih atau bawang merah. Terlebih saat kita sedang menjalankan ibadah pausa di mana tidak melakukan makan dan minum, yang membut mulut menjadi kering dan tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut. Hal ini menyebabkan munculnya bau mulut tidak sedap. Berikut ini adalah cara mudah untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap dengan menggunakan baking soda.

Menyikat Gigi dengan Bakig Soda

Campurkan ½ sdt baking soda dengan pasta gigi biasa. Sahabat Fimela dapat menggunakan pasta gigi baking soda ini setiap hari secara bergantian selama seminggu. Pasta gigi ini mampu membersihkan gigi dan rongga mulut dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Berkumur dengan Soda Kue

Tambahkan baking soda bubuk ke dalam air hangat dan biarkan larut. Larutan ini adalah obat kumur paling sederhana yang dapat membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap dan dapat membunuh bakteri yang tinggal di dalamnya. Berkumurlah menggunakan larutan baking soda selama 30 detik hingga satu menit untuk hasil terbaik.

Berkumur dengan Larutan Baking Soda dan Sari Apel

Ilustrasi cuka sari apel
Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.

Cuka terbaik yang membantu menghilangkan bau mulut adalah cuka sari apel dan juga merupakan penetral dari pH. Campurkan 1 sdt baking soda ke dalam 1 sdt cuka sari apel dalam secangkir air. Gunakan ini selama beberapa detik dan bilas dengan air bersih. Lakukan ini selama dua atau tiga kali dalam seminggu untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Bersihkan Mulut dengan Larutan Baking Soda dan Air Lemon

Asam dalam lemon memberikan efek bakterisidal pada bakteri penyebab bau mulut. Cara membutnya cukup mudah, masukkan 1 sdt baking soda ke dalam setengah gelas air perasan jeruk lemon. Kemudian blender semua bahan. Oleskan ke seluruh bagian mulut dengan 1-2 sdm larutan, kemudian berkumur dengan air bersih.

Membersihkan Mulut dengan Madu dan Baking Soda

Bau mulut juga disebabkan karena ketidakseimbangan pH di lambung dan masalah pencernaan lainnya. Madu dikenal karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya dapat membantu menenangkan lapisan pencernaan yang mungkin meradang sedangankan soda kue membantu mengembalikan keseimbangan pH di perut. Campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt madu dalam air dan minumlah sehari selama beberapa hari bau mulut hilang.

Memiliki masalah bau mulut tentunya membuat kita tidak nyaman, terlebih saat kita sedang berbicara dengan orang lain. Masalah bau mulut ini dapat diatasi dengan beberapa cara salah satunya dengan menggunakan baking soda seperti beberapa poin di atas.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓