Meminta Maaf Lebih Dulu Takkan Merendahkan Harga Dirimu

Endah Wijayanti25 Mei 2020, 08:15 WIB
terlambat minta maaf

Fimela.com, Jakarta Momen Lebaran sangat identik dengan saling memaafkan satu sama lain. Meminta maaf dan memberi maaf menjadi salah satu cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadan. Selain memaafkan kesalahan orang lain, kita pun kadang juga perlu untuk meminta maaf lebih dulu atas kesalahan yang baik disengaja atau tidak sengaja yang kita lakukan.

Meminta maaf lebih dulu tidak akan merendahkan harga diri. Justru dengan berinisiatif meminta maaf lebih dulu, kita akan mendapatkan hati yang lebih tenang. Serta memudahkan kita membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain. 

Tak Ada Manusia yang Sempurna

Namanya manusia pasti pernah berbuat salah. Kita pun pasti pernah melakukan kesalahan kepada orang lain, baik disengaja maupun tidak disengaja. Dengan meminta maaf lebih dulu, kita akan lebih menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna, termasuk diri kita sendiri. Meminta maaf akan membantu kita untuk memperbaiki diri dan tidak egois terhadap diri sendiri.

Meminta Maaf Membantu Melepaskan Beban

Ada seseorang yang melakukan kesalahan kepadamu. Sebelum dia meminta maaf, kita bisa meminta maaf lebih dulu. Karena bisa jadi ada hal yang salah darimu sehingga membuatnya melakukan sikap yang berujung menjadi sebuah kesalahan kepadamu. Meminta maaf lebih dulu bisa bantu melepaskan beban dari dalam diri. Setidaknya kita bisa belajar untuk lebih ikhlas dalam memaafkan kesalahan.

 

Meminta Maaf adalah Tindakan yang Hebat

kisah my forgiveness matters 8
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Justru dengan kita berani meminta maaf lebih dulu, kita akan belajar untuk bisa lebih rendah hati. Tidak menjadi pribadi yang sombong atau selalu merasa benar sendiri. Adakalanya ada hal-hal yang perlu kita perbaiki juga dari diri kita sendiri. Dengan mengulurkan tangan untuk meminta maaf lebih dulu, kita menunjukkan keberanian kita untuk bertanggung jawab dan tidak lari dari masalah.

Saling Memaafkan Menciptakan Jalinan Hubungan yang Lebih Baik

Hubungan bisa lebih baik dengan saling memaafkan. Tak lagi saling menyalahkan atau menyimpan dendam. Hari-hari yang dijalani pun terasa lebih menyenangkan. Sebuah maaf bisa menjadi pembuka jalan untuk hubungan yang lebih indah ke depannya.

Manfaatkan kesempatan hari yang suci ini untuk saling memaafkan. Semoga kita semua bisa mendapatkan keberkahannya bersama.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓