Bosan dengan Opor? Coba Resep Ayam Krim Kari Jamur untuk Santapan di Hari Lebaran

Karla Farhana24 Mei 2020, 16:00 WIB
[Fimela] hidangan lebaran

Fimela.com, Jakarta Tidak terasa, bulan Ramadan akan segera berlalu dan umat Muslim sebentar lagi merayakan Hari Raya Idul Fitri yang merefleksikan sebuah kemenangan. Hari raya yang lebih dikenal dengan sebutan Lebaran di Indonesia ini identik dengan tradisi mudik dan saling memberikan hantaran bingkisan. 

Namun, selain tradisi trersebut yang juga diikuti dengan saling mengunjungi keluarga dekat, Lebaran juga sangat lekat dengan hidangan khasnya yang tidak boleh ketinggalan. Meski setiap keluarga memiliki hidangan wajibnya masing-masing, namun tetap saja opor, rendang, sayur ketupat, dan semur jarang sekali ketinggalan. 

Makanan khas Lebaran ini memang sudah menjadi masakan kesukaanmu. Tapi, kadang kamu perlu hidangan lain yang lebih menyegarkan untuk mengganti suasana. Menurut Chef Putri Miranti, hidangan Lebaran bukan cuma untuk keluarga dekat, tetapi juga orang-orang di sekeliling kita. 

“Di hari raya Idul Fitri tahun ini mari kita membuat dan memberi hantaran Lebaran tidak hanya untuk keluarga dan teman, tapi juga untuk orang-orang di sekeliling kita. Mari kita berbagi berkah dan kebahagiaan Idul Fitri melalui hantaran hidangan Lebaran yang penuh #GoodnessWithin dan buat orang-orang di sekeliling kita tersenyum bahagia,” ujar Chef Putri. 

Salah satu hidangan yang bisa kamu buat menjelang Lebaran untuk hantaran adalah Ayam Krim Kari Jamur. Terdengar sangat lezat, kan? Berikut ini resepnya. 

Resep Ayam Krim Kari Jamur

[Fimela] Ayam Krim Kari Jamur
Ayam Krim Kari Jamur | dok. Fleishman PR

Bahan:

1 kg ayam (paha atas aja, atau ayam 1 ekor dipotong 8)

1 tsp garam

1/2 tsp lada hitam

1 jeruk nipis

Bahan untuk saus: 

250 gr jamur champignons

1/2 bawang bombay

4 bawang putih

10 tangkai daun thyme

1 sdm butter

1 tsp tepung terigu

1/2 cangkir air

1 tsp garam

1/2 tsp lada hitam

1 tsp kaldu ayam

2 tsp bumbu kari

1 cangkir susu

1/2 cangkir krim

Cara Membuat

View this post on Instagram

Kamu masih punya kesempatan buat ikutan #ResepKreasiGreenfields sampai 26 Mei 2020 nanti, lho! Masih ada waktu buat berkreasi seru di dapur rumahmu, jadi manfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa dapat hadiah cookware senilai jutaan rupiah!😉⁣ ⁣ Yuk, cek cara untuk ikutannya:⁣ ⁣ 1. Follow @greenfields.id⁣⁣⁣⁣ ⁣ 2. Upload #ResepKreasiGreenfields versi kamu⁣⁣⁣⁣⁣ Pilih #ResepSahurSimpel bareng @tynakannamirdad⁣⁣⁣⁣⁣ Pilih #ResepBerbukaLezat bareng @devinahermawan⁣⁣⁣⁣⁣ Pilih #ResepHantaranLebaran bareng @putrimirantiindra⁣⁣⁣⁣⁣ 3. Kamu boleh berpartisipasi di lebih dari 1 kategori ya⁣⁣⁣⁣⁣ 4. Jangan lupa gunakan hashtag #ResepKreasiGreenfields dan hashtag tim resep pilihanmu⁣ ⁣ Untuk informasi lebih lanjut, klik link yang ada di bio, ya. Good luck, Sahabat Greenfields!💚⁣ ⁣ #GoodnessWithin⁣ #GreenfieldsID

A post shared by Greenfields ID (@greenfields.id) on

Bumbui ayam dengan garam, lada, dan jeruk nipis. Kemudian potong bawang dan jamurMasak ayam hingga kecoklatan dan sisihkan. 

Tumis jamur, bawang dan thyme lalu masukkan mentega dan tepung. Masukkan air, kaldu dan bumbu kari sebelum menambahkan susu Greenfield dan whipping cream. Masukkan kembali ayam, masak sebentar dan taburkan daun. 

Bagaimana? caranya sangat mudah, bukan? Selamat mencoba di rumah ya!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓