4 Manfaat Salat Tarawih untuk Kesehatan Fisik Seseorang

Gayuh Tri Pinjungwati20 Mei 2020, 19:40 WIB
Doa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tarawih di bulan Ramadan adalah ibadah tambahan yang dilakukan anatara fardhu dan witir dari salat isya selama bulan Ramadan. Melaksanakan salat ini tidak hanya menjadi sumber pahala oleh Allah, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan setiap orang. Berikut ini adalah beberapa manfaat salat tarawih untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Gerakan naik turun yang lembut saat salat tarawih, termasuk sujud dan rukuk, dilakukan sambil berdoa dapat meningkatkan kesehatan disik dan emosional, serta meningkatkan umur panjang bagi yang menjalankannya. Telah dilaporkan bahwa orang yang berpuasa sepanjang hari dan kemudian melakukan salat tarawih di malam hari akan merasa lebih kuat.

Mengembalikan Kekuatan Otot

Seiring bertambahnya usia, latihan fisik mungkin akan berkurang, yang mengakibatkan pengeroposan pada tulang dan jika tidak di rawat dengan baik mengarah pada osteoporosis. Tulang akan lebih mudah patah jika jatuh karena kekurangan mineral di dalamnya. Gerakan berulang selama salat tarawih meningkatkan fleksibilitas sendiri, kekuatan otot dan kekuatan tendon.

Meningkatkan Metabolisme

Kulit sehat
Ilustrasi kulit sehat karena makanan (iStockphoto)

Karena gerakan teratur selama salat tarawih adalah bentuk olahraga, ini dapat membantu membakar kalori. Makan seimbang saat sahur dan berbuka di sertai dengan salat tarawih dapat membantu seseorang mengurangi berat badan yang berlebihan.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Diketahui ahwa olahraga dapat meningkatkan perilaku, suasana hati dan pikiran. Olahraga meingkatkan kualitas hidup, memicu meningkatnya energi, mengurangi kecemasan, depresi dan membuat dampak positif pada suasana hati. Ini juga meningkatkan memori, terutama orang dewasa dengan pengulangan ayat-ayat dari Al-Quran yang menyaring pikiran yang masuk.

Shalat tarawih tidak hanya menjadi sumber latihan fisik, membakar kalori setelah berbuka puasa, tetapi juga merupakan sumber relaksasi setelah melakukan puasa seharian di bulan Ramadan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemkaer

Lanjutkan Membaca ↓