Antisipasi Selingkuh Saat Penghasilan Istri Lebih Tinggi dari Suami

Vinsensia Dianawanti25 Mei 2020, 11:00 WIB
Perselingkuhan

Fimela.com, Jakarta Banyak faktor yang akhirnya membuat suami memilih selingkuh dengan perempuan lain. Salah satunya adalah faktor ekonomi.

Ketika penghasilan istri lebih tinggi daripada suami terkadang menimbulkan tendensi tertentu yang membuatnya tidak percaya diri. Sehingga mencari pelarian dengan selingkuh. Meski masalah penghasilan bukan menjadi sebuah pembenaran bagi suami untuk selingkuh.

Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog pun tidak membenarkan jika suami selingkuh karena merasa tidak percaya diri akibat penghasilan yang lebih rendah dari istri.

"Istri yang mempunyai penghasilan lebih tinggi bukan berarti bersalah hingga layak diselingkuhi oleh suaminya. Jika hal ini terjadi, artinya suami merasa insecure atau tidak aman karena merasa harus (ada tuntutan internal) memiliki posisi yang lebih baik dari istrinya," ungkap Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog.

 

Sikap yang harus diambil

Pelakor
Ilustrasi Perselingkuhan Credit: pexels.com/pixabay

Sebagai seorang istri, penting untuk mengambil sikap yang tepat ketika kondisi ini terjadi pada pernikahannya. Di mana sang istri harus menunjukkan sikap menghormati dan menghargai suami. Lebih daripada itu, komunikasi harus tetap dibangun untuk memberikan pemahaman yang sama antar suami istri.

Di sisi lain, suami harus mengubah pola pikirnya. Bukan karena ia merasa dituntut memiliki penghasilan lebih tinggi, membuatnya menjadi tidak percaya diri dan akhirnya selingkuh. Justru dengan adanya perasaan tersebut menjadi motivasi bagi suami serta meningkatkan kepercayaan diri.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓