5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Lebaran di Rumah Aja

Imelda Rahma21 Mei 2020, 09:45 WIB
Lebaran

Fimela.com, Jakarta Perayaan Hari Raya Idul Fitri ditahun ini memang berbeda dengan tahun lalu akibat pandemi Covid-19. Saat ini segala sesuatu harus terpuasat di rumah termasuk beribadah dan merayakan lebaran. Ini merupakan situasi yang pastinya berat untuk diterima namun, sebagai warga negara yang baik, kita harus mentaatinya.

Tradisi mudik pun bahkan terpaksa harus ditunda dulu demi mencegah penyebaran virus hingga pada perayaan lebaran kali ini banyak keluarga yang tidak bisa berkumpul bersama di rumah. Rasa rindu kepada kampung halaman dan keluarga harus ditahan dulu demi kebaikan bersama dan mendukung program serta kebijakan pemerintah dalam upayanya menurunkan angka jumlah korban terinfeksi.

Begitupun dengan semua aktivitas komunikasi tidak bisa dilakukan secara kontak langsung melainkan secara virtual. Kini, aktivitas secara virtual perlu dibiasakan agar mengurangi kontak sosial yang dapat memicu penyebaran.

Meskipun begitu, kamu masih bisa beraktivitas saat lebaran di rumah, jangan biarkan kondisi pandemi ini mengikis kebahagiaanmu di hari kemenangan. Oleh karena itu, Fimela.com akan membagikan informasi 5 aktivitas yang bisa dilakukan saat lebaran di rumah aja. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Menghias dan Menata Rumah

Menghias dan Menata Rumah
Ilustrasi Menata Ruangan Credit: pexels.com/Skitterphoto

Aktivitas yang bisa kamu lakukan saat lebaran di rumah ialah menata ruangan, biasanya ruangan favorit yang bisa kamu tata selain kamarmu sendiri adalah ruang keluarga atau ruang tamu. Walaupun pada saat lebaran nanti, mungkin tidak ada tamu yang berkunjung untuk silaturahmi, menata ruangan bisa kamu jadikan cara untuk merayakan lebaran.

Dengan menata ruangan, kamu bisa tetap merasakan kemeriahan ramadan walaupun tidak bisa keluar rumah. Akan tetapi, kamu bisa mendekor ruang tamu sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa mengganti wallpaper dinding atau memasang pernak pernik ramadan di perabotan rumah agar tampak meriah.

Jadi, tidak perlu takut kehabisan gaya saat lebaran hanya di rumah saja, kamu tetap bisa mengekspresikan kebahagiaanmu lewat aktivitas menata ruangan dan menciptakan sendiri suasana ramadan dengan kreatifitas dekor yang kamu lakukan.

Silaturahmi Virtual Lewat Video Call

Silaturahmi Virtual Lewat Video Call
Ilustrasi Silaturahmi Virtual Credit: pexels.com/JackSparrow

Kedua, aktivitas yang bisa kamu lakukan saat lebaran di rumah adalah melakukan silaturahmi virtual dengan menggunakan ponsel dan media sosial. Tentu saja silaturahmi virtual merupakan alternatif untuk berkomunikasi pada kondisi saat ini.

Walaupun mudik ditunda namun, silaturahmi harus tetap terjaga dan sellau terhubung, kali ini memang tidak bisa dilakukan secara langsung namun, kamu bisa melakukan video call dengan keluarga dan kerabat. Melakukan silaturahmi virtual pasti bisa mengobati rasa rindu karena tidak bisa bertemu.

Memasak dan Makan Bersama

Memasak dan Makan Bersama
Ilustrasi Makan Bersama Credit: shutterstock.com

Selanjutnya, aktivitas yang bisa kamu lakukan saat lebaran di rumah ialah memasak dan memakannya bersama-sama dengan keluarga di rumah apabila kamu memang tinggal di rumah bersama keluarga. Tentu momen ini sangat langka apabila kamu biasanya sering beraktivitas diluar.

Dengan memasak dan makan bersama, kamu bisa membangun suasana keluarga yang lebih hangat serta harmonis. Momen-momen kebersamaan inilah sebenarnya yang menjadi salah satu inti perayaan lebaran, dimana tercipta ketenangan, kedamaian, serta kebersamaan dengan keluarga.

Bermain Bersama

Bermain Bersama
Ilustrasi Monopoli Credit: pexels.com/Ylanite

Selanjutnya, kamu juga bisa mengisi waktu saat merayakan lebaran di rumah bersama keluarga dengan bermain permainan. Ada banyak permainan yang bisa kamu lakukan bersama, dari permainan online hingga offline, contohnya adalah monopoli yang pasti bisa dilakukan bersama.

Momen bersama juga tidak kalah menyenangkan dengan masak dan makan bersama. Momen kehangatan juga bisa dibangun dengan bermain bersama. Selain itu, dengan bermain juga setiap anggota bisa saling mengajarkan sikap sportif sekaligus melatih kecerdasan dalam memainkan sebuah permainan.

Piknik di Halaman Rumah

Piknik di Halaman Rumah
Ilustrasi Piknik Credit: pexels.com/freepik.com

Terakhir, aktivitas yang bisa kamu lakukan saat lebaran di rumah ialah berpiknik sederhana di halaman rumah bersama keluarga. Tentunya ini akan jadi momen baru yang tidak terlupakan. Pada saat berpiknik bersama, kegiatan ini membutuhkan kerjasama dari setiap anggota keluarga dalam hal menyiapkan peralatan dan makanan piknik.

Tidak harus pergi keluar rumah seperti pada perayaan lebaran tahun-tahun sebelumnya, dimana banyak keluarga memilih untuk berlibur ke tempat destinasi wisata. Berkemah atau berpiknik di rumah juga tidak kalah seru dan pastinya wajib kamu coba untuk menjadi kenang-kenangan dan pengalaman baru bersama keluarga.

Lanjutkan Membaca ↓