Sukses

Lifestyle

3 Prioritas Keuangan yang Harus Dilakukan Selama Libur Lebaran di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Memasuki libur Lebaran, belum terlambat bagi kamu untuk mengatur kembali prioritas keuangan di tengah pandemi. Seorang perencana keuangan Metta Anggraini menuturkan bahwa libur Lebaran tahun ini kita harus lebih ekstra hati-hati dalam mengatur keuangan. Mengingat masih di tengah masa pandemi.

"Dengan menahan diri, kita berusaha mengidentifikasi mana kebutuhan dan keinginan. Artinya di bulan ini umumnya fokus pada kebutuhan pokok, kegiatan pun juga kita lakukan yang bermanfaat. Dengan adanya pandemi, memaksa kita untuk melakukan menahan keinginan," ungkap Metta Anggraini.

Untuk itu, ada sejumlah prioritas keuangan yang harus diubah selama libur Lebaran di tengah pandemi ini. Setidaknya ada tiga prioritas keuangan yang bisa ditetapkan. Apa saja?

1. Zakat

Ini menjadi suatu hal yang wajib di bulan Ramadan dan Idul Fitri. Sehingga perlu kita untuk mendahulukan zakat sebagai pengeluaran wajib.

 

2. Kebutuhan pokok

Melihat kondisi seperti saat pandemi, pemenuhan kebutuhan pokok juga menjadi prioritas. Bukan hanya kebutuhan sehari-hari, melainkan juga kesehatan. Kenaikan harga di bulan Ramadan dan Idul Fitri memang sudah hal yang biasa. Namun tahun ini, kenaikan harga terjadi bukan karena permintaan yang tinggi, melainkan sulitnya pasokan akibat kebijakan PSBB. Meski demikian, disarankan untuk membeli sesuai kebutuhan. Tidak perlu panic buying.

3. Menabung

THR menjadi diberikan sejumlah perusahaan kepada karyawannya. Jika THR biasanya dialokasikan untuk mudik maupun membeli oleh-oleh bagi keluarga, kini bisa dialihkan menjadi tabungan. Menabung menjadi usaha mempertahankan nilai uang terhadap inflasi. Mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading