5 Masalah Kesehatan yang Paling Banyak Ditanyakan Pada Telemedis Selama Ramadan

Vinsensia Dianawanti24 Mei 2020, 15:00 WIB
[Fimela] Konsultasi Dokter

Fimela.com, Jakarta Selama menjalani puasa di bulan Ramadan, tubuh akan beradaptasi dengan pola dan waktu makan yang baru. Sehingga tubuh seringkali mengalami beberapa masalah kesehatan.

Di tengah pandemi seperti ini, layanan telemedis diandalkan oleh masyarakat untuk berkonsultasi soal masalah kesehatan. Seperti pada GrabHealth powered by Good Doctor yang menjadi platfrom layanan kesehatan digital.

Selama bulan Ramadan di tengah pandemi, ada sejumlah masalah kesehatan yang paling banyak dikonsultasikan di GrabHealth powered by Good Doctor. Apa saja?

1. Dispepsia

Menurut dr Elizabeth Clarissa, Dispepsia merupakan gangguan pencernaan yang diikuti oleh rasa ketidaknyamanan atau rasa sakit di bagian perut atas. Gejala yang ditimbulkan seperti kembung, perut terasa tidak nyaman, mual, dan bersendawa. Gangguan pencernaan ini berkaitan dengan makan atau minum yang juga dapat dipicu oleh pikiran stres atau kecemasan.

2. Gangguan kulit

Sebanyak sembilan persen yang menanyakan mengenai masalah kulit. Gangguan kulit tidak hanya terbatas pada ketidaknyamanan internal, tapi termasuk juga masalah kulit topikal. Selain itu, gangguan pencernaan mencerminkan masalah kesehatan internal, seperti kulit kering, berjerawat, hingga kulit sensitif, dapat terjadi karena pola makan dan tidur yang kurang baik.

 

3. Tips berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui

5 Masalah Kesehatan yang Paling Banyak Ditanyakan Pada Telemedis Selama Ramadan
Simak sejumlah masalah kesehatan yang paling banyak ditanyakan di GrabHealth powered by Good Doctor (Foto: GrabHealth powered by Good Doctor)

Menjalani puasa ketika hamil dan menyusui memberikan tantangan tersendiri bagi perempuan. Sementara, puasa pun tidak diwajibkan bagi ibu hamil dan menyusui. Jika tetap ingin menjalankan puasa, tentu ada sejumlah tips bagi ibu hamil dan menyusui sehingga puasa tidak mengganggu masa kehamilan dan menyusui.

4. Pegal dan nyeri kepala

Pegal dan nyeri kepala menjadi kondisi yang paling sering oleh masyarakat umum. Pola tidur dan aktivitas fisik yang tidak diatur menyebabkan keluhan ini. Setidaknya, ada sekitar lima persen konsultasi yang membahas topik seputar pegal dan nyeri kepala.

5. Pola makan yang tepat saat puasa

Gejala sakit dan masalah kesehatan bisa terhindar dengan menjalani pola makan yang tepat. Sebanyak lima persen konsultasi di GrabHealth powered by Good Doctor membahasmengenai pola makan yang baik agar puasa berjalan dengan lancar dan bebas dari masalah kesehatan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓