5 Aktivitas yang Membuatmu Cepat Tidur

Imelda Rahma24 Mei 2020, 17:15 WIB
Tidur

Fimela.com, Jakarta Gangguan tidur seperti insomnia sering dialami oleh sebagian besar orang dan hal itu juga bisa mengganggu kesehatan tubuh apabila terjadi dalam waktu yang lama. Hal ini karena tidur merupakan kebutuhan bagi tubuh untuk mengistirahatkan diri, jadi apabila aktivitas tidur terganggu maka, aktivitas lainnya pun dapat terganggu.

Idealnya, seseorang harus memiliki kualitas tidur yang cukup yakni sekitar 7-8 jam perharinya. Kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi produktivitas pada keesokan harinya. Namun, seringkali kita juga berada pada kondisi tertentu seperti stres, gangguan kecemasan, atau lembur kerja yang membuat jam tidur kita jadi berantakan.

Sebaiknya, kamu perlu menghindari kebiasaan buruk tidur larut malam atau begadang yang akhirnya menjadikanmu insomnia. Jika kamu selalu kesulitan tidur, maka kamu harus mlai mencara cara untuk cepat tidur. Ada beberapa aktivitas yang dapat membuat orang mudah mengantuk, kamu bisa coba salah satunya untuk memperbaiki jam tidurmu yang tidak teratur.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami insomnia dan berusaha mencari cara untuk cepat tidur, maka ulasan berikut ini sangat cocok untukmu. Fimela.com akan merekomendasikan 5 aktivitas yang membuatmu cepat tidur. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Membaca Buku

Membaca Buku
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Dids

Aktivitas yang membuat cepat tidur adalah dengan membaca buku, aktivitas ini seringkali direkomendasikan ketika seseorang mengalami gangguan tidur. Jika disiang hari membaca buku membuatmu mengantuk, maka kamu bisa alihkan hal tersebut pada malam hari saat kamu ingin tidur.

Buat kamu yang memang tidak biasa membaca buku, pasti membaca buku pada malam hari saat akan tidur membuatmu lebih mudah mengantuk. Membaca buku sebelum tidur dapat memberikan efek menenangkan dan mencegah kecemasan yang dapat menimbulkan gangguan tidur pada seseorang. Mata yang lelah setelah membaca buku dapat menjadi cara cepat tidur yang bisa dilakukan.

Jika kamu ingin cepat mengantuk, kamu bisa membaca bacaan yang menghibur dan tidak terlalu berat karena jika kamu membaca buku yang berat seperti penelitian dan jurnal, justru bisa membuatmu terjaga karena bacaan tersebut memancing otak untuk berpikir. Maka dari itu, kamu bisa membaca buku-buku yang ringan saja agar kamu mudah mengantuk.

Mendengarkan Musik Instrumen

Mendengarkan Musik Instrumen
Ilustrasi Mendengarkan Musik Credit: pexels.com/cottonbro

Selanjutnya, aktivitas yang membuatmu cepat tidur berikutnya ialah mendengarkan music instrumen berirama pelan agar kamu cepat mengantuk. Bagi sebagian orang, cara ini cukup efektif. Kamu bisa menyalakan musik instrumen lewat ponselmu dan menyambungkannya ke speaker yang ada dikamarmu.

Mendengarkan musik instrumen berirama pelan biasanya sangat efektif bagi mereka yang mengalami gangguan tidur karena gangguan kecemasan seperti perasaan gelisah dan cemas yang berlebihan. Irama musik yang pelan akan memberikan sugesti pada tubuh untuk menjadi tenang dan akhirnya kamu akan merasa rileks lalu mengantuk dan tertidur.

Minum Susu

Minum Susu
Ilustrasi Minum Susu Credit: pexels.com/Hamza

Ketiga, minum susu pada malam hari juga bisa membuatmu cepat tidur, hal ini karena melibatkan dua faktor. Faktor tersebut adalah psikologis dan juga fisiologis. Para ahli mengungkapkan bahwa triptofan yang terkandung dalam susu bisa membuat seseorang menjadi ngantuk akibat melatonin yang dilepaskan. Ada juga para ahli yang mengungkapkan bahwa rasa kantuk yang dihasilkan dari segelas susu hangat lebih terkait pada efek psikologis.

Minum susu hangat dimalam hari membuat perasaanmu jadi nyaman karena efek ini menginduksi bahan kimia di otak yang membentuk sensasi relaksasi yang memicu rasa kantuk.

Susu yang hangat memang akan menghangatkan tubuh. Ini pula yang membuat otot menjadi lebih rileks dan memperlambat respons. Perlambatan respons dan otot yang jadi rileks inilah yang memicu rasa kantuk dan akhirnya kamu akan jadi lebih cepat tidur.

Mandi Air Hangat

Mandi Air Hangat
Ilustrasi Mandi Air Hangat Credit: freepik.com

Keempat, aktivitas yang membuatmu cepat tidur berikutnya ialah mandi air hangat atau berendam di air hangat. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh rileks. Selain itu, tubuh yang terkena air panas lalu terpapar suhu udara yang yang dingin bakal membuatmu merasa mengantuk.

Maka dari itu, jika kamu mengalami kesulitan tidur, kamu bisa berendam terlebih dahulu di air hangat namun, jangan terlalu lama. Setelah itu otot-otot tubuh akan rileks dan akhirnya kamu bisa tidur dengan cepat.

Latihan Pernapasan

Latihan Pernapasan
Ilustrasi Tidur Credit: freepik.com

Terakhir, aktivitas yang membuatmu cepat tidur adalah melatih pernapasan yang akan membuat tubuhmu lebih tenang dan rileks sehingga kamu cepat mengantuk. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

Jika kamu melakukannya secara rutin, latihan pernapasan ini natinya juga dapat menjadi kebiasaan yang dapat mencegahmu mengalami insomnia. Pada dasarnya kunci agar cepat tidur adalah membuat tubuhmu tenang dan rileks, jika kamu terus gelisah dan memikirkan sesuatu maka, kamu akan terus sulit tidur.

Lanjutkan Membaca ↓