Perhatikan 5 Jenis Makanan yang Diperlukan Saat Mpasi

Kezia Prasetya Christvidya01 Jun 2020, 09:35 WIB
baby-kezo

Fimela.com, Jakarta Bayi yang sudah diberikan MPASI, biasanya sudah bisa memiliki makanan yang enak, yang menjadi makanan kesukaannya. Walaupun bayi sudah bisa memilih makanan yang ia suka, tetapi Sahabat Fimela harus bisa memberikan variasi makanan, agar bayi sehat dan tidak bosan.

Memberikan variasi makanan, bisa membantu bayi mengenal jenis bahan-bahan makanan, dan juga mengenal rasa makanan yang berbeda-beda. Selain itu, memberikan variasi makanan, bisa membantu memenuhi nutrisi yang bayi untuk pertumbuhannya.

Yuk kenali 5 jenis makanan, yang diperlukan saat mpasi, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

Karbohidrat

ilustrasi bahan makanan mpasi/pexels
ilustrasi bahan makanan mpasi/pexels

Jenis makanan yang diperlukan saat Mpasi adalah karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu jenis makanan pokok, yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi.

Karbohidrat memiliki banyak manfaat untuk bayi, membantu meningkatkan sel kekebalan tubuh, dan membantu melancarkan sistem pencernaan bagi bayi.

Memberikan karbohidrat kepada bayi saat MPASI, bisa membantu menyehatkan mata, dan menjaga kulit bayi tetap sehat. Makanan yang mengandung karbohidrat yang boleh dikonsumsi bayi saat MPASI adalah nasi, kentang, pisang dan alpukat.

Protein

ilustrasi protein jenis makanan untuk mpasi/pexels
ilustrasi protein jenis makanan untuk mpasi/pexels

Jenis makanan yang harus ada saat memberikan MPASI adalah protein. Protein sangat penting diberikan kepada bayi, untuk membantu tumbuh kembangnya. Protein juga memiliki fungsi untuk memelihara sistem pencernaan, memingkatkan produksi sel, dan menjaga jaringan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Protein juga membantu perkembangan sistem otak pada bayi, menjaga kesehatan, menguatkan tulang dan membantu perkembangan organ vital di tubuh bayi. Protein bisa didapatkan dari telur, ikan, tahu atau tempe.

Lemak

ilustrai lemak untuk mpasi/pexels
ilustrai lemak untuk mpasi/pexels

Jenis makanan untuk mpasi yang selanjutnya adalah lemak. Lemak terdiri dari lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Namun lemak merupakan sumber energi untuk bayi.

Saat MPASI, bayi memerlukan lemak untuk pertumbuhan sel tubuh, menjaga perkembangan sel otak, dan membantu penyerapan vitamin di dalam tubuh. Lemak hewani yang baik untuk bayi, bisa didapatkan dari ikan, ayam dan daging. Lemak nabati yang bisa dikonsumsi bayi terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Vitamin

ilustrasi vitamin untuk mpasi/pexels
ilustrasi vitamin untuk mpasi/pexels

Vitamin merupakan jenis makanan yang diperlukan untuk bayi saat MPASI. Saat bayi berumur 6bulan, bayi mulai membutuhkan nutrisi tambahan seperti vitamin. Saat bayi mulai diberikan MPASI oleh si ibu, biasanya dokter atau ahli gizi, tidak membolehkan si ibu memberikan vitamin berupa suplemen kepada si bayi.

Vitamin bisa didapatkan dari mengonsumsi wortel, apel, brokoli atau jenis buah-buahan dan sayuran lainnya. Vitamin berfungsi untuk membantu perkembangan mata, pertumbuhan sel tulang dan kalsium, juga menjaga sistem kekebalan tubuh bayi.

Mineral

ilustrasi mineral untuk mpasi/pexels
ilustrasi mineral untuk mpasi/pexels

Jenis makanan untuk MPASI harus yang mengandung mineral. Mineral dibutuhkan dalam tumbuh kembang bayi. Karena mineral memiliki banyak manfaat. Selain membantu proses tumbuh kembang bayi, mineral ini penting untuk menjaga fungsi sel-sel imun, agar bayi tidak mudah terserang penyakit.

Mineral dapat ditemukan pada sayuran hijau seperti bayam, biji-bijian dan kacang-kacangan, ikan dan juga daging-dagingan.

 

Lanjutkan Membaca ↓